Siaga, Damkar himbau masyarakat batasi pemekaian listrik berlebihan

oleh -41 views
Link Banner

@Porostimur.com |Ambon : Program siaga mulai diintensifkan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Ambon, menghadapi perayaan hari besar keagamaan.

Dimana, kegiatan dimaksud digelar bukan saja menghadapi perayaan hari besar kerohanian atau kegamaan seperti Natal dan Tahun Baru, atau pun Idul Fitri saja, namun juga digelar menjelang perayaan hari-hari besar lainnya.

Saat dikonfirmasi porostimur.com, di ruang kerjanya, Kamis (14/12), hal ini tidak dibantah Kepala Dinas (Kasdis) Damkar Kota Ambon, Edwin Pattikawa.

”Bulan Desember ini memasuki event  keagamaan setiap tahun baik itu Natal, Idul Fitri serta awal puasa atau hari besar nasional lainnya kami punya program siaga,” ujarnya.

Link Banner

Program siaga dimaksud, jelasnya, bertujuan menyiagakan seluruh aparat yang berada dalam naungan lembaga dimaksud, khususnya menghadapi meningkatnya aktivitas masyarakat.

Baca Juga  Kapolda Maluku Serahkan Satu Ekor Sapi Kurban di Desa Wali, Buru Selatan

”Dimana seluruh anggota agar selalu siaga dalam setiap operasi lapangan, karena dapat dilihat kegiatan aktifitas masyarakat kini mulai meningkat di hari besar seperti ini,” jelasnya.

Apalagi, tegasnya, dalam bulan ini banyak warga yang memasang listrik menerangi pohon natal, namun dengan beban berlebihan.

Sehingga, langkah antisipasi pun patut digelar pihaknya, mengingat penggunaan listrik berlebihan bisa memicu kebakaran.

”Dalam bulan Desember saja sudah terjadi 2 kali  kebakaran di lokasi Tawiri kemarin siang dan Halong Atas jam 8 malam kemarin. Dan untungnya tidak ada korban dan tidak memakan banyak rumah di sekitarnya akibat terjadi kebakaran ini oleh arus pendek listrik,” tegasnya.

Mengantisipasi terjadinya kebakaran, tambannya, sudah sepatutnya masyarakat menegakkan kewaspadaan dan pengendalian sendiri tas konsumsi tenaga listrik sebagai penerangan yang berlebihan.

Baca Juga  Warga Capalulu Pasang Spanduk Tolak Hendrata Thes di Desa

”Untuk itu, himbauan kami untuk masyarakat untuk selalu hati-hati dalam penggunaan listrik yang berlebihan,” pungkasnya. (Grace Pello)