Siap-Siap, Hujan Meteor Delta Aqurid Bakal Terjadi di Akhir Juli 2024

oleh -11 views

Porostimur.com, Jakarta – Fenomena astronomi unik, yakni hujan meteor akan terjadi pada Juli 2024. Hujan meteor Delta Aqurid diramalkan akan terjadi pada 28-29 Juli 2024.

Hujan meteor Delta Aquarid merupakan hujan meteor yang berasal dari pecahan komet Marsden dan Kracht Sungrazing. Hujan meteor ini berasal dari rasi Aquarius dan dapat disaksikan langsung tanpa alat.

Peneliti Pusat Riset Antariksa, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Farahhati Mumtahana mengungkapkan, hujan meteor terjadi ketika objek langit meteoroid terbakar saat memasuki atmosfer Bumi.

Objek tersebut dapat berasal dari sisa komet atau asteroid yang yang juga mengorbit Matahari.

“Untuk berburu meteor, perlu diperhatikan iluminasi bulan, puncak kejadian, serta rasi bintang di dekat radian,” kata dia, dikutip Sabtu (29/6/2024).

Baca Juga  Ini Penjelasan BMKG soal Gempa 5,4 M di Malut-Sulut Hari Ini

Dia melanjutkan, mengamati itu, dapat dilakukan dengan cara mencari tempat yang gelap dan berpandangan luas atau tidak ada bangunan tinggi, bisa pegunungan atau pantai.  Jika bisa, kata dia, berdiri di bawah radian di belahan manapun maka hujan meteor terlihat lebih banyak. (red/beritasatu)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News