Sinode GPM Pastikan Persidangan Ke-38 Berjalan Sesuai Protokol Kesehatan

oleh -132 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sidang Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) ke-38 yang akan dilaksanakan Februari mendatang dipastikan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Umum Sinode GPM, Pdt Elifas Maspaitella, usai dirinya divaksin tahap kedua di RSUP Dr. J. Leimena.

“Sidang akan menerapkan protokol covid. Besok (30/1/2021) panitia dan pendeta-pendeta di Klasis Kota Ambon sebagai pelaksana sidang sinode juga peserta yang sudah tiba di Ambon akan dilakukan rapid antigen. Peserta sisanya akan datang pada 5 Februari sesuai jalur transportasi, mereka juga akan mengikuti rapid antigen sehingga kita memastikan bahwa pada saat pelaksanaannya kita peserta itu tidak dalam status terkonfirmasi”, ujar Pdt. Elifas.

Baca Juga  Diduga, korslet listrik sebabkan kebakaran toko cakbor

Menurutnya jika dalam melakukan rapid antigen terdapat peserta yang positif maka akan dilakukan swab dan mereka akan diisolasi sesuai dengan kebijakan pemerintah. Walaupun demikian, mereka masih bisa mengikuti sidang sinode karena sidang juga akan dilakukan secara virtual.

“Jadi proses sidang tidak akan terganggu dalam suasana ini karena kita akan menerapkan dengan tegas protokol kesehatan sebagai komitmen GPM memutuskan mata rantai Covid-19 di Maluku dan Maluku Utara”, katanya

Untuk jumlah peserta, Maspaitella mengatakan total jumlah peserta sidang sinode ke-38 sebanyak 480 peserta yang terdiri dari peserta biasa 280 orang dan peserta luar biasa sebanyak 200 orang.

Sidang sinode ini akan berlangsung pada tanggal 7 sampai 14 Februari 2021 dan Gereja Maranatha sebagai lokasi sidang utama yang ditempati oleh peserta biasa.

“Kapasitas tampung Gereja Maranatha itu 600 lebih. Jadi kami kira sudah memenuhi standar 30% dari ketentuan Menteri Kesehatan. Sedangkan Peserta luar biasa akan dibagi ke gedung Baileo Oikumene dan hanya hari pertama yang berpusat di Area Gereja Maranatha”, jelasnya.

Baca Juga  KRI Tanjung Kambani 971 Angkut Satgas Pamrahwan Maluku

Maspaitella menambahkan hari kedua dan seterusnya sidang sinode akan dilakukan di 7 gedung gereja yang ada di kota Ambon, diantaranya Gedung Gereja Maranatha, Gereja Bethania, Gereja Silo, Gereja Joseph Kam, Gereja Imanuel, Gereja Nazareth, dan Gereja Syalom serta Gereja Menara Kasih sebagai cadangan tempat pelaksanaan sidang. (alena)