Sinopsis Film Ruma Maida, Pentingnya Mengenal Sejarah dan Pluralisme Bangsa

oleh -18 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Film Ruma Maida yang dirilis secara internasional dengan judul Maida’s House adalah film drama Indonesia yang ditulis oleh Ayu Utami dan disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja pada 2009.

Film yang dibintangi Atiqah Hasiholan, Yama Carlos, Nino Fernandez dan Frans Tumbuan ini dijadwalkan tayang di Netflix 10 September 2020.

Ruma Maida menggunakan gaya pengambilan film yang berbeda untuk adegan pada masa lalu dan modern, membahas pentingnya pendidikan, sejarah dan pluralisme.

Seorang mahsiswi jurusan sejarah yang beragama Nasrani, Maida (Atiqah Hasiholan) mengurus sekolah gratis untuk anak jalanan di Jakarta.

Link Banner

Sebelumnya, bangunan sekolah itu adalah rumah seorang pencipta lagu sekaligus pilot keturunan Indonesia, Ishak Pahin (Nino Fernandez) yang beragama Nasrani, namun memiliki istri beragama Islam, Nani Kuddus (Imelda Soraya).

Baca Juga  Lecehkan ponakan sendiri, MS dipolisikan

Ketika masih tinggal dirumah itu, Pahing menciptakan lagu “Pulau Tenggara” yang mengilhami Presiden Soekarno untuk membentuk Gerakan Non-Blok.

Setelah Maida mengetahui kisah Pahing, dia mulai menulis skripsinya tentang pencipta lagu tersebut.

Suatu hari, ketika ia sedang mengajar, kelasnya diganggu oleh seorang arsitek Muslim bernama Sakera (Yama Carlos), yang ditugaskan untuk mengusir Maida oleh Dasaad Muchlisin (Frans Tumbuan), seorang developer yang juga atasannya.

Saat Maida dan Sakera berdebat, mendadak terjadi kerusuhan besar di sekeliling mereka.

Sakera pun lantas melindungi Maida yang merupakan keturunan Tionghoa lalu memberitahu bahwa ia hendak membantu Maida agar sekolah itu tetap dijalankan.

Akan tetapi, bangunan sekolah tersebut dijadwalkan untuk diruntuhkan dalam waktu satu minggu.

Baca Juga  Nyawa penambang emas dirennggut OTK

Setelah mereka gagal dalam usaha untuk membujuk Muchlisin untuk tetap melestarikan rumah itu, Sakera mendengar bahwa rumah tersebut berada di tanah sengketa.

Karena itu, Maida mulai mencari bukti kepemilikan rumah tersebut agar bisa digunakan.

Berhasilkah Maida merebut kembali kepemilikan rumah tersebut?

Saksikan kisahnya dalam film Ruma Maida yang bakal tayang di Netflix 10 September 2020 mendatang. (red/rtm/kcm)