SKP Ambon gelar sosialisasi pencegahan penyelundupan narkoba dan tes urin

oleh -77 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Maraknya penyalahgunaan narkoba dewasa ini telah merambah berbagai kalangan.

Belum lagi, berbagai modus penyelundupan narkoba oleh pengedar dan pemakai narkoba pun semakin licik dengan menggunakan cara-cara yang tak disangka sebelumnya.

Belakangan, ditemukan modus baru penyelundupan narkoba menggunakan komoditas pertanian seperti dimasukkan ke dalam kemasan dalam bawang dan cabe.

Modus penyelundupan narkoba tersebut wajib dipahami dengan baik dan benar oleh petugas Karantina sebagai pemeriksa komoditas pertanian yang dilalulintaskan baik via udara, laut dan darat.

Link Banner

Karena itu, petugas karantina perlu dibekali pengetahuan dan pemahaman untuk memahami jenis narkoba dan modus penyelundupan via komoditas pertanian.

Hal ini pula yang disoroti Kepala Karantina Pertanian (SKP) Klas I Ambon, Jumrin,SP,M.Si, ketika menginisiasi sosialisasi cara pencegahan peredaran narkoba yang masuk via komoditas pertanian, di Kantor SKP Ambon, Selasa (30/1).

Baca Juga  Alfriatuh Amatillah Marasabessy Bantu 4 Kubah Masjid di Desa Wairuba

Sosialisasi dimaksud digelar SKP dengan menggandeng pihak Badan Nasinal Narkotika Provinsi (BNNP) Maluku.

Selain sosialisasi bahaya narkoba dan cara pencegahan peredaran narkoba yang bisa diselundupkan melalui komoditas pertanian, acara juga dirangkai dengan pemeriksaan urin para pegawai karantina Ambon.

                              Pemeriksaan urine

Pemeriksaan urin ini untuk memastikan bahwa SKP Klas I Ambon turut mendukung pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba sesuai arahan Kepala Badan Karantina Pertanian, bahwa seluruh Pegawai Karantina Pertanian di seluruh Indonesia harus bebas narkoba.

Acara diawali dengan pemaparan materi oleh pihak BNN, Syarifah Lulu Assagaff,S.Psi, dilanjutkan dengan tes urin pegawai.

Baca Juga  Eks Vokalis Boomerang Jadi Figur Baru Calon Wali Kota Surabaya

Acara dihadiri oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Maluku, Drs. Abner Timisela,M.Si, staf BNN yang melakukan tes urin pegawai Karantina Ambon serta sejumlah awak media di Kota Ambon. (pt-02)