SMA Xaverius Ambon Akan Laksanakan USBN Berbasis Android

oleh -168 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah, Siswa SMA Xaverius Ambon diberikan les tambahan untuk bisa menguasai materi-materi UNBK maupun Ujian sekolah.

Demikian penjelasan Kepala Sekolah SMA Xaverius Ambon, Pastor Isaias Pius Titirloloby di Ambon, Kamis (27/2/2020) .

Dijelaskan, persiapan pemantapan bagi anak didiknya telah dilaksanakan pada November 2019 kemudian dilanjutkan pada Januari dan Februari 2020.

SMA Xaverius Ambon juga telah melaksanakan gladi bersih dari tanggal 24-25 Februari 2020. Kendalanya hanya soal output dan bagaimana anak bisa mengikuti ujian tersebut.

“Dari simulasi atau gladi bersih ini kami sudah menemukan anak yang mengikuti ujian ini dengan serius nilainya diatas simulasi dan ada anak yang belum masuk target simulasi kami, sehingga kami harus mendorong lagi anak tersebut untuk memenuhi target”, ungkapnya.

Baca Juga  Warga nikmati gerhana bulan di Tugu Tiahahu

Pemantapan materi dilakukan bukan hanya untuk UNBK tetapi untuk seluruh ujian sekolah pada semua pelajaran di les pemantapan.

Ia mengungkapkan, selain pemantapan materi, juga diberikan pemantapan kerohanian yaitu rikoleksi untuk siswa kelas XII supaya mereka hanya bukan menyiapkan diri untuk ujian, tetapi rikoleksi ini dibuat untuk mereka bisa mempersiapkan hati dan batin, memilih untuk kuliah atau kerja nantinya.

Kemudian pemantapan kerohanian juga berupa dilakukan doa-doa rohani (pergumulan).

Ia mengatakan ujian sekolah nanti akan dilakukan berbasis android, sementara kesiapan prasarana seperti Android dan aplikasi telah siap dan juga kami sudah pernah laksanakan sebelumnya.

“Kami akan melakukan antisipasinya buat anak-anak yang belum menggunakan android dan memback-up melalui komputer, agar mereka dapat menggunakan komputer,” katanya.

Baca Juga  Cari Bule AS, Tim Selam Yonmarhanlan IX Sisir Perairan Teluk Ambon

Sementara itu, untuk jaringan listrik dan internet, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

Persiapan fasilitas dalam menunjang momen itu juga sangat diperlukan, untuk itu sarana komputer untuk UNBK sudah terpenuhi sebanyak 42 unit yang terbagi di 2 ruang ujian.

“Jumlah peserta ujian pada SMA Xaverius Ambon sebanyak 126 siswa, meningkat dari tahun lalu,” katanya.

Ia menambahkan kendala yang mereka hadapi adalah jaringan internet untuk mengantisipasi UNBK, dan dirinya sudah menemui pihak Telkom untuk mengantisipasi hal tersebut.

Kemudian untuk tenaga listrik masih kurang stabil sehingga dapat mempengaruhi komputer dan pendingin ruangan pada ruang ujian nantinya.

Dia sangat berharap para siswa dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti UN nanti dengan baik, kemudian para siswa juga diminta untuk mempersiapkan teknisnya seperti alat tulis kelengkapan ujian, atribut ujian, dll.

Baca Juga  Keziah Veendorp. Talenta Muda Berdarah Saparua yang Eksis di Liga Belanda

“Semoga hal-hal teknis ini tidak menjadi kendala buat mereka, orang tua dan guru juga dapat membantu mereka mempersiapkan hal tersebut. Kemudian dalam pelaksanaan ujian diharapkan mereka bisa mendapatkan hasil yang memuaskan,” harapnya. (ebot)