SMKN 6 Ambon Matangkan Persiapan USBN dan UNBK

Porostimur.com | Ambon: Ujian Nasional Berbasis Komputer tinggal dua bulan lagi. Sekolah Menegah Kejuruan Negeri dijadwalkan melaksanakan ujian pada 16 Maret 2020. Selain itu, Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Maluku terus memantapkan persiapan UNBK.

Kepala Sekolah SMKN 6 Ambon, Edo Luturmas mengatakan sejak oktober 2019, SMK Negeri 6 Ambon telah melaksanakan pemantapan untuk para siswa bagi 5 kompetensi keahlian. 5 kompetensi keahlian tersebut dibagi menjadi 5 bagian yaitu Keahlian Pekerja Sosial, Asisten Keperawatan, teknologi laboratorium teknik atau analis kesehatan, multimedia, akuntasi atau administrasi keuangan lembaga.

“Dengan persiapan pemantapan itu setidaknya memberi proses penguatan selama pembelajaran dari kelas X, XI, dan XII, sedikit pendalaman dan kompetensi yang di anggap baik oleh guru kompetensi. Baik itu pelajaran ujian nasional dalam hal ini Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mata Pelajaran Produktif dalam K13 diistilahkan C1, C2, dan C3,” Kata Edo Luturmas kepada wartawan diruangannya, Selasa (21/1/2020).

SMK Negeri 6 Ambon memiliki peserta ujian nasional di tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 249 siswa/siswi. Dan jumlah siswa tahun kemarin yang mengikuti UNBK sebanyak 219 siswa dan tahun ini meningkat menjadi 249 siswa.

Dirinya juga menjelaskan melalui rapat koordinasi yang telah dilakukan oleh MKKS SMA/SMK dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Maluku, akan dilaksanakan ujian yaitu ujian sekolah berbasis nasional akan berlangsung dari tanggal 24 Februari – 3 Maret 2020, ujian nasional berbasis komputer akan berlangsung dari tanggal 16 Maret – 19 Maret 2020.

Dirinya mengungkapkan SMKN 6 Ambon akan melaksanakan UNBK dan terbagi dalam 3 ruangan dan dibagi juga menjadi 3 sesi ujian, kemudian 1 Proktor dan 6 teknisi berada pada 3 ruangan ini.

“Fasilitas untuk UNBK seperti komputer sudah siap seperti tahun sebelumnya. Fasilitas komputer yang telah disiapkan untuk menghadapi USBN dan UNBK nanti kurang lebih 100 unit. Komputer tahun ini bertambah dari tahun kemarin yang hanya memiliki 80 unit komputer,” ungkapnya.

Selain itu, akan dilaksanakan juga uji kompetensi keahlian atau uji sertifikasi kompetensi untuk SMK akan dilaksanakan dengan rentan waktu 6 april sampai 3 mei 2020.

Dirinya menambahkan seperti tahun sebelumnya SMKN 6 Ambon, akan menghadirkan asesor nasional di bidang multimedia sehingga anak-anak punya sertifikat keahlian sudah setara dengan ijazah dan dapat berorientasi bukan hanya dalam negeri melainkan diluar negeri juga. Sertifikat ini juga memiliki logo garuda dan dikeluarkan langsung oleh PSP. Multimedia, Keahlian Asisten Keperawatan dan Analisis Kesehatan yang akan mengikuti Uji Kompetensi Keahlian tersebut.

“Selanjutnya, dengan uji kompetensi keahlian ini nanti diharapkan berkaitan dengan verifikasi TUKK (Terkait Uji Kompetensi Keahlian) oleh asesor(penguji) baik itu penguji internal maupun eksternal,” Tambahnya.

Dirinya mengharapkan tingkat kelulusan baik dari sisi kuintitas maupun mutu meningkat. Walaupun tahun lalu tingkat kelulusan 100% tetapi tingkat kuintitas itu harus menjadi tingkat orientasi berproses.

“Saya berharap tingkat kelulusan tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya,” sembari berharap. (ebot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: