SMPN 6 Ambon gelar pelatihan dan peningkatan kapasaitas guru

oleh -114 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Guna meningkatkan kinerja dan kapasitas, SMPN 6 Ambon menggelar pelatihan dan peningkatan kapasitas kinerja guru, pengisian SKP dan penulisan best practice, kamis (18/1).

Apalagi, sikap cenderung mengerjakan sesuatu yang instan, menyebabkan peningkatan, penilaian kapasitas guru, pengisian SKP, kemudian penulisan best pratice , kadang terabaikan oleh para guru.

Hal ini dibenarkan Kepala SMPN 6 Ambon, Drs Janjte Mahulette,M.Pd, saat dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Sabtu (20/1).

”Jadi kalau mereka (guru-red) dilatih itu akan berpengaruh pada keterampilannya mengajar. Namun apa yang dia berikan kepada siswa atau murid-murid itu, tidak berkualitas. Oleh karena itu, saya mendukung sekali apa yang dilakukan oleh SMP Negeri 6 Ambon ini tentang peningkatan kapasitas guru,” ujarnya.

Menurutnya, peningkatan kapasitas itu bukan hanya material saja, tapi bagaimana dia bisa menyampaikan materi dalam kelas, hingga cara dalam mengelola manajemen kelasnya seperti apa.

Baca Juga  Di Tengah Pandemi Covid-19, Warga Asyik Berwisata ke Pulau Babua dan Pas Tofiri

”Itu yang perlu dilakukan oleh seorang guru sehingga output yang kita dapat itu betul-betul berkualitas. Tapi kalau kita hanya datang belajar kemudian pulang dan tidak menekuni bidang pengetahuan yang kita ajarkan, sesungguhnya kita tidak punya apa-apa sama sekali,” jelasnya.

Menurutnya, apa yang ditempuh pihaknya ini sejalan dengan kebijakan pihak Dinas Pendidikan Kota Ambon.

Apalagi, akunya, salah satu probelm terbesar di Kota Ambon yakni masalah sumber daya manusia (SDM).

Karena itu, jelasnya, setiap stakeholder yang berada dalam wilayah pendidikan berkewajiban menyokong peningkatannya, termasuk di dalamnya guru, dinas pendidikan, siswa-siswi itu sendiri, hingga orang tua murdi sekalipun.

”Kita saling bersinergi, sehingga muatan-muatan pengetahuan itu bisa dilakukan. Dan kalau orang tua bisa tahu dan mengajarkan anak di rumah, supaya dia (anak-red) tahu. Guru juga seperti itu, dia harus bisa memotivasi anak agar dia rajin belajar. Harapan kita mudah-mudahan pendidikan di kota ini peringkatnya bisa naik sedikit,” pungkasnya. (Febby Sahupalla)