Soal Dana Desa Capalulu, Komisi I akan Panggil Kadis PMD dan Ispektorat

oleh -1.596 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRR) Kabupaten Kepulauan Sula berjanji akan serius menangani masalah penggunaan Dana Desa yang dilaporkan oleh masyarakat Desa Capalulu.

Kepada perwakilan masyarakat yang datang ke gedung DPRD pagi tadi, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kepulauan Sula, Muhammad Natsir Sangaji mengatakan, pihaknya akan segera memanggil Kepala Dinas PMD dan Inspektorat, sorta akan melakukan kunjungan ke Desa Capalulu.

“Masalah Capalulu, kita tetap serius tindak Lanjuti, Kamis kita panggil Inspektorat dan BPMD terkait aduan rakyat, dan kita berjanji akan turun ke Desa Capalulu untuk memastikan laporan rakyat tersebut,” ujarnya.

Kepada jurnalis porostimur.com, anak muda yang biasa disapa Even ini mengatakan, sesuai Permen Desa PDTT 11/2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa menyebut prioritas penggunaan Dana Desa untuk program dan kegiatan bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 sampai dengan Pasal 11.

Even menyampaikan teknis transfer dana desa dari pusat hingga sampai ke setiap daerah. Even mengatakan, dana desa itu dikirim oleh Kementerian Keuangan menggunakan rekening kas umum negara (RKUN), dan selanjutnya dikirim ke rekening kas umum daerah (RKUD). Dana dari Kementerian keuangan di RKUD waktunya hanya tujuh hari dan harus ditransfer ke rekening desa.

Baca Juga  Saimima tutup Festival Musik Jalur rempah 2018 di Saparua

“Kemudian di situlah dari hasil evaluasi penggunaan dana desa sebelumnya seperti apa baru ditransfer ke daerah ada pelaporan dan tidaknya,” katanya.

Olehnya itu, DPRD akan mendalami sejauh mana Dana Desa di Capalulu yang oleh warga dilaporkan bermaslah selama tiga tahun berturut-turut, yakni sejak tahun 2016 lalu.

Even juga mempertanyakan kinerja dua OLD yang terkait langsung dengan persoalan tersebut, yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Inspektorat.

“Masa tiga tahun berturut-turut tidak ada laporan pentanggung jawaban tapi dana total di airman. Inikan agak aneh,” tukasnya.

Untuk itu, Komisi I telah menjadwalkan akan memanggil media pimpinan OPD tersebut pads Kamis besok guna didengar keterangannya, sebelum DPRD melakukan kunjungan ke Desa Capalulu. (ifo/taka)