Soal Kereta Api di Pulau Seram, Latumaerissa: Pemprov Maluku Sedang Ngigau

oleh -608 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Beberapa hari terakhir warga Maluku dihebohkan dengan wacana pembangunan rel kereta api di Pulau Seram oleh Pemerintah Provinsi Maluku. Pemerintah bahkan telah memasukkan rencana proyek tersebut ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 pun sudah dilelang.

Menanggapi adanya proyek tersebut, Pengamat Ekonomi dan Pembangunan Maluku, Julius Latumaerissa mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku sedang mengigau dan tiba saat tiba akal.

“Mimpi besar boleh dan sah sah saja, tapi mimpi itu harus pakai otak dan logika, bukan ngotot dan otot,” katanya melalui pesan Whatsapp kepada redaksi Porostimur.com, Selasa (15/6/2021).

Menurut Julius, jika pemberitaan ini benar adanya, sesuai data dan informasi yang akurat maka menurutnya, Pemprov Maluku ini tidak memahami atau sengaja membutakan mata terhadap fakta empiris masyarakat.

Julius yang juga akademisi di salah satu universitas ternama di Surabaya ini menyebut, ide proyek kereta api bernafaskan kepentingan politik, sebab pemerintah sudah gagal dengan isu pemindahan ibu kota maka sekarang mereka mencoba untuk membangun isu kereta api untuk meraih suara masyarakat Seram.

Baca Juga  BPBD Kepsul: 214 Korban Terbakarnya KM Karya Indah Berhasil Dievakuasi

“Pemprov lemah dalam perencanaan, ini jelas perencanaan yang tidak memiliki aspek multiplier effect. Kapasitas OPD dan Tim Ekonomi serta Bappeda perlu dipertanyakan logika perencanaannya,” pungkas Julius. (nur)