Soal Keterlambatan Pembentukan Perda, Edison Sarimanella Angkat Bicara

oleh -16 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Tertundanya pembahasan sejumlah Peraturan Daerah (Perda) membuat sejumlah anggota DPRD Maluku angkat bicara, salah satunya Edison Sarimanella.

Menurut anggota Komisi I DPRD Provinsi Maluku ini, ada beberapa kendala yang
membuat pembahasan sejumlah Perda tertunda.

Hal itu ia sampaikan, saat dijumpai awak media di ruang komisi I DPRD Provinsi Maluku, Rabu (17/2/2021).

“Beta kira, kemarin itu kendala dari Perda-perda ini, yah tergantung badan pimpinan itu sendiri mau nggak perda itu diselesaikan,” ungkapnya.

“Tapi dalam kondisi realistis, Perda-Perda itu sudah kita bahas, untuk diselesaikan. Karena kadang-kadang Perda yang inisiatifnya dari DPR itu tidak selesai pada waktu masa jabatan. Mungkin kendalanya jadwal rapat atau agenda lain yang begitu padat. Tapi dengan begitu, tergantung dari Bapemperdanya sendiri,” imbuhnya.

Baca Juga  Personil KBR Gegana Maluku Semprot Cairan Disinfektan di Sejumlah Lokasi

Edison sampaikan, soal tertundanya Perda tersebut sudah selesaikan, dan ada 7 yang akan difinishing oleh KUMHAM. “Itu wajib karena mereka lebih ahli dalam perancangan Undang-Undang yah, kita sudah kordinasi dengan KUMHAM,” kata Edison.

“Mungkin dari 7 itu 2 ditolak karena menyangkut undang-undangnya berbenturan dengan undang-undang yang lebih tinggi, ada yang tidak sesuai dengan kondisi,” ungkapnya

“Dua minggu kemarin pada saat penetapan, kita sudah selesaikan, dan akan di kasi ke pimpinan agar di tanggapi fraksi-fraksi,” tambahnya.

Edison mengungkap, Perda-perda yang tertunda itu dari 2014 sampai 2018. (valen)