Soal Konser Virtual, Tuan Tigabelas: Pilihan Musisi Hanya Adaptasi atau Mati

oleh -18 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pandemi virus corona nyaris mematikan industri hiburan. Dampaknya pun begitu luas bagi para seniman.

Sejak Maret 2020, para musisi harus beradaptasi dengan konser virtual karena konser secara langsung dilarang demi mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19.

Rapper Tuan Tigabelas melihat fenomena konser virtual menjadi pilihan yang tak bisa dihindari.

Para musisi harus bisa beradaptasi jika tak ingin mati terlindas keadaan.

Link Banner

“Saya rasa musisi sekarang sudah tidak bisa dihadapkan suka atau tidak suka dengan konser virtual, pilihannya cuma adaptasi atau mati,” ujar Tuan Tigabelas saat berbincang santai bersama Kompas.com, Selasa (11/8/2020).

Meski demikian, pemilik nama asli Upi ini tak bisa memungkiri bahwa konser offline lebih menyenangkan daripada konser online.

Interaksi dengan penonton adalah hal yang tak bisa didapat oleh Tuan Tigabelas ketika ia menggelar konser virtual dari rumah.

“Kalau ditanya enakan mana offline atau online, jelas lebih enak offline, tapi karena masa pandemi ini harus streaming aku juga harus adaptasi lagi mengganti penonton dengan kamera,” ujarnya.

Baca Juga  MI puncaki Turnamen Golf Piala Danlanud Pattimura 2018

Pandemi virus corona juga ikut mengubah kebiasaan Tuan Tigabelas dalam menciptakan lagu.

Pelantun lagu “Move” yang biasanya bekerja dari kantor kini harus melakukan segala sesuatunya dari rumah.

Alih-alih mendapat waktu luang lebih banyak di rumah, Tuan Tigabelas justru makin menjadi sibuk karena tak tahu jam kerja saat di rumah.

“Tapi karena beberapa bulan terakhir gak bisa ke luar rumah jadinya ya aku ngerjain semuanya dari rumah. Tapi jadinya malah jam kerjanya tidak teratur,” ucapnya.

Dalam waktu dekat, Tuan Tigabelas akan merilis karya kolaborasi bersama NTRL.

Lagu terbaru yang masih dirahasiakan ini akan dirilis pada tanggal 14 Agustus mendatang. (red/rtm/kcm)