Soal Lahan TPA Toisapu, Yusuf Wally Usul Begini

oleh -29 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Tempat Pembuangan Akhir ( TPA) dan IPST Toisapu adalah satu-satunya yang sampai saat ini digunakan oleh pemerintah kota Ambon.

Namun penyelesaian persoalan perluasan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan Instalasi Pengolahan Sampah Terpadu (IPST) yang berlokasi di Dusun Toisapu, Negeri Hutumuri masih menuai Kendall.

Terkait kondisi saat ini, Anggota DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally berpendapat, perlu dilakukan komunikasi lanjutan antara pemkot dengan keluarga yang mengklaim bahwa mereka adalah pemilik lahan.

Harapannya ada solusi terbaik terkait lahan IPST.

“Pemkot Ambon perlu mengundang mereka untuk duduk bersama membicarakan permasalahan tersebut”, ujar Wally, Senin (19/10/2020).

Wally bilang, jika lahan ini adalah Hutan Lindung, maka perlu penjelasan dari pemerintah kota kepada masyarakat.

Baca Juga  Pj Kades Modapia, Sulman Sapsuha Akui Belanja Mesin Tempel Tidak Sesuai RAB

“Terkait hutan lindung perlu informasi yang sama dari dinas kehutanan Propinsi dan Kementerian kepada masyarakat”, ujarnya.

Yusuf Wally menambahkan, pemkot perlu menyampaikan informasi terakhir terkait konsultasi kepada kementerian. Jika lahan IPST adalah daerah hutan lindung, maka solusi terbaik perlu dilakukan oleh pemerintah kota, jangan sampai dilakukan penutupan lahan oleh masyarakat kembali.

Aleg PKS ini menyampaikan, jika ada komunikasi yang baik maka kedepan tidak mungkin ada penutupan areal TPA IPST Toisapu. (nona)