Soal Mutasi Pegawai di Kepulauan Sula, Kepala BKD: Tidak Ada Urusannya dengan Politik

oleh -133 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula baru saja melakukan mutasi terhadap sejumlah pegawai ke tempat tugas yang baru.

Kebijakan mutasi ini pun memunculkan pertanyaan di tengah masyarakat dan para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula.

Menanggapi hal ini Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Imran Umalekhoa menyatakan, soal mutasi pada pegawai biasa tidak menjadi masalah asalkan jangan mutasi jabatan.

“Kalau mutasi-mutasi biasa saja tidak menjadi masalah yang penting jangan jabatan, walaupun kepala sekolah maupum pimpinan puskesmas tidak bisa diganti, terangnya, Senin (1/2/2021).

Lanjut Imran terkecuali yang bersangkutan mengundurkan diri tapi kita tidak bisa melantik yang baru, kita hanya bisa menunjukan Plt.

Baca Juga  Akhirnya kasus 3 jerigen mercuri masuk tahap II

“Jika ada yang mengundurkan diri baru kita buat penunjukan Pelaksana Tugas (PLT) tapi kalau lantik baru harus ada rekomendasi langsung dari kemndagri,” jelasnya.

Menurut Kepala BKD Kepsul ini, persoalan mutasi pegawai pada bulan januari itu sesuai kebutuhan dan dirinya belum mengantongi data tersebut.

“Terjadinya mutasi di bulan Januari datanya saya belum mengatahui ada di bidang mutasi, tapi berkisar 10 orang, jadi pengisian itu sesuai kebutuhan terutama guru-guru,” tuturnya.

Imran bilang, pemindahan pegawai itu sama sekali tidak ada sangkut-pautmya dengan politik, hanya saja atas permintaan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain yang membutuhkan pegawai.

“Untuk mutasi ini diharapkan jika dianggap ada hal-hal yang berkaitan dengan politik, kita tidak punya urusan sampai di situ. Mutasi ini karena ada kebutuhan, kekurangan tenaga di OPD lain, diajukan permohonan, ya kita cari pegawai di OPD mana yang berlebihan kita pindahkan sesuai kebutuhan, guru juga demikian, kesehatan juga hal yang sama, tutupnya. (red)