Soal PLTD, UP3 Ternate Butuh Bersinergi dengan Pemerintah

oleh -87 views
Link Banner

Porostimur.com, Ternate – PT. PLN Persero Wilayah Maluku dan Maluku Utara melalui UP3 Ternate, merencanakan pengoperasian PLTD Kecamatan Botang Lomang pada tahun 2022.

Kepada media porostimur.com, Selasa (14/12/2021) Manajer UP3 Ternate Gamal R Kambey menyampaikan bahwa PLTD yang sudah dibangun tahun 2019 lalu tersebut, rencananya dapat segera dioperasikan saat itu, namun pihaknya terkendala dengan pengadaan mesin pembangkit listrik.

”Kami kemarin terkendala dengan pengadaan pembangkit listrik. Karena seperti yang saya sampaikan bahwa pembangunan jaringannya sudah selesai, kemudian Bangunan Sentral PLTDnya juga sudah selesai, namun sempat terkendala dengan regulasi yang dikeluarkan pemerintah ketika itu, yaitu untuk PLN tidak lagi melakukan pengadaan mesin pembangkit berbahan bakar diesel atau PLTD dan berfokus terhadap penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT)”, tutur Gamal.

Baca Juga  Panglima TNI Perintahkan KSAU Copot Danlanud-Dansatpom Lanud Merauke

Namun Gamal juga menambahkan bahwa saat ini pemerintah dan PLN sendiri terus berupaya untuk dapat tetap menghadirkan listrik bagi daerah-daerah yang belum berlistrik PLN, termasuk di Maluku Utara.

“Berbagai alternatif juga terus kami lakukan, seperti misalnya relokasi mesin maupun menambah kapasitas mesin bagi daerah yang belum berlistrik yang ke depannya secara bertahap beralih menggunakan EBT”, tambahnya.

Selain itu, pihaknya berharap adanya dukungan penuh dari Pemerintah Daerah baik di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota setempat, untuk terus bersinergi bersama-sama dengan PLN untuk dapat menghadirkan listrik bagi kehidupan masyarakat guna mendorong kegiatan ekonomi warga.

“Tentu kami tidak bisa berjalan sendiri, perlu adanya sinergitas dengan para stakeholder, khususnya Pemerintah Daerah yang selama ini sudah terjalin dengan sangat baik” tegas Gamal. (adhy)