Songsong HJK 2018, Kodam XVI/Pattimura galakkan penghijauan

oleh -172 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Berbagai kegiatan digelar Kodam XVI/Pattimura dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2018.

Salah satu di antaranya yakni penghijauan yang dilaksanakan di Dusun Telaga Kodok, Desa Hitu Messeng, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Selasa (11/12).

Kegiatan ini turut dihadiri Wakapolda Maluku dan para pejabat utama (PJU) Polda Maluku, Irdam, Danrem 151/Binaiya, para Asisten dan Kabalakdam, pejabat Pemerintah Kota Ambon dan tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Rilis berita yang diterima wartawan dari Penerangan Kodam (Pendam) XVI/Pattimura menyebutkan bahwa kegiatan ini diawali dengan giat gowes bersama perwira Kodam dan perwira Polda Maluku.

Link Banner

Gowes bersama sendiri mengambil rute start dari Markas Kodam (Makodam) XVI/Pattimura, Batu Merah, kediaman Kapolda, JMP, Batu Koneng, Waeheru, Durian Patah, Dusun Talaga Kodok, Passo dan kembali ke Makodam.

Baca Juga  Jangan Sampai Kena Jeratan Rentenir Online, Ini Cirinya

Sesudah gowes dan seremoni, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Kasdam XVI/Pattimura dan diikuti seluruh tamu undangan.

Sebagaimana diketahui, potensi alam Provinsi Maluku merupakan tempat yang sangat subur.

Dimana, terdapat beberapa tanaman legendaris antara lain pohon Pala, Cengkeh, Samama, pohon Kayu Besi dan pohon Linggua yang bernilai ekonomi tinggi.

Belum lagi, ada juga pohon buah-buahan khas Maluku seperti Gandaria, Alpukat, Sukun, Manggis, Langsa dan Duku.

Potensi ini tentunya harus dijaga dan dipertahankan, agar terhindar dari kepunahannya.

Hal ini ditegaskan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan,SIP.

”Menyadari hal tersebut, kita perlu bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat untuk membantu program pemerintah. Untuk itu kita harus memiliki rasa kepedulian yang tinggi dan tekad yang besar serta kemampuan dalam merehabilitasi hutan khas Maluku. Dan diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dorongan kepada masyarakat Maluku dalam mengembangkan tanaman pohon buah-buahan atau pohon buah produktif ini, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Maluku” ujarnya.

Baca Juga  Tawaran sabu-sabu ditolak, Manuhuttu pun bersimbah darah

Menurutnya, kegiatan penanaman pohon buah-buahan atau pohon buah produktif ini digelar pihaknya sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018 ini.

Sementara lokasi penghijauan/penanaman yang dipiulih pihaknya, akunya, yakni di lahan SDN Telaga Kodok.

”Hal-hal positif yang dilakukan Kodam dan jajarannya hari ini, tidak akan mendatangkan hasil dan manfaat, apabila kita semua tidak memeliharanya. Semua itu membutuhkan kepedulian dan atensi kita semua, mulai dari waktu, tenaga dan kesempatan yang ada,” tegasnya.

Upaya menghijaukan lingkungan ini, terangnya, bukan hanya berlaku dan membutuhkan perhatian pihaknya semata, namun juga butuh perhatian pemerintah maupun masyarakat setempat.

Sehingga, kolaborasi antara pihaknya, pemerintah dan masyarakat dapat menghasilkan lingkungan yang lebih asri dan sehat.

Baca Juga  Dirjen Hubla Kemenhub Apresiasi Program Mudik Gratis Pemprov Maluku

”Dengan adanya  kegiatan ini, kiranya kita akan semakin peduli terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggal kita dan mudah-mudahan niat baik warga masyarakat juga mendapatkan hasil yang baik pula. Keikutsertaan masyarakat dalam upaya turut serta menghijaukan lingkungannya merupakan suatu langkah positif dalam menciptakan lingkungan yang lebih asri dan lebih sehat,” pungkasnya. (indah)