Spanduk HUT RI Jangan Pakai Gambar Jokowi, Jika Terlanjur Turunkan, Diganti Gambar Lain

oleh -280 views
Link Banner

Porostimur com | Jakarta: Spanduk Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 75 tahun 2020 ini jangan sampai ada yang memasang gambar Preisden Joko Widodo.

Jika ada yang sudah terlanjur memasang gambar Jokowi sebaiknya diturunkan.

Spanduk peringatan HUT RI sebaiknya dipakai gambar yang lain. jangan dipakai gambar presiden.

Hal tersebut disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengimbau agar spanduk HUT ke-75 RI tak bergambar Presiden Joko Widodo.

Menurut Heru, sebaiknya spanduk memuat gambar lain yang relevan, selain gambar Kepala Negara.

“Sebaiknya gambar lain,” kata Heru, Ahad (9/8/2020) kemarin.

Jika ada yang terlanjur memasang spanduk peringatan HUT RI yang memuat foto Presiden, maka ia meminta spanduk diturunkan dan diganti dengan gambar yang lain.

Baca Juga  Lanjutkan Vaksinasi Massal, Polda Maluku Vaksinasi 643 Orang

Namun, Heru enggan mengungkapkan alasan kenapa masyarakat diminta tak memuat foto Jokowi di spanduk HUT RI. 

“Sebaiknya yang lain saja seperti pemandangan dan lain-lain,” kata Heru.

Menurut dia, penurunan spanduk atau baliho yang memuat foto Jokowi itu dilakukan oleh petugas di lembaga dan kementerian terkait.

“Kementerian masing-masing menurunkan sendiri,” ucapnya.

Sebagai informasi, tema HUT ke-75 RI adalah Indonesia Maju.

Selain itu, ada juga penyempurnaan dengan tambahan logo `Bangga Buatan Indonesia`.

Penyempurnaan tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno melalui surat edaran (SE) bernomor B-456/M.Setneg/Set/TU.00.04/06/2020 tertanggal 23 Juni 2020 dengan hal Penyempurnaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020.

“Penyempurnaan dimaksud adalah penambahan logo Bangga Buatan Indonesia untuk digunakan sebagai satu kesatuan dengan logo Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020,” tulis Mensesneg.

Baca Juga  Pengusaha China jajaki potensi investasi perikanan di Maluku

Dalam SE itu, Mensesneg meminta para menteri, pimpinan lembaga, hingga kepala daerah menyosialisasi tema dan logo HUT ke-75 Kemerdekaan RI di lingkungan kerja. Dalam SE itu juga dijelaskan makna tema `Indonesia Maju`.

“Indonesia Maju adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan Indonesia,” demikian penjelasan dalam SE itu.

Pada HUT tahun ini, pemerintah juga menggunakan logo khusus. Logo itu dijelaskan terinspirasi oleh simbol perisai dalam lambang Garuda Pancasila. Logo Kemerdekaan RI 75 tahun tersebut juga bermakna kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia.

Di salah satu bagian dokumen SE yang diteken Mensesneg itu, ada contoh desain dengan foto Presiden Jokowi. Namun Heru mengatakan foto tersebut boleh diganti foto lain.

Baca Juga  Irfan Abdurrahim Siap Bertarung di Musda KNPI Halsel

Sebelumnya Menteri Sekretariat Negara Pratikno telah menyerukan agar masyarakat turut memeriahkan perayaan HUT ke-75 RI meski pandemi Covid-19 tengah berlangsung.

Kemeriahan tersebut bisa dimulai dengan memasang bendera merah putih, umbul-umbul, serta spanduk peringatan HUT RI ke-75. (red/rtm/dtc)