Speedboat dari Ternate Tujuan Ambon Tenggelam di Pulau Mandioli. 3 Selamat, Asrul Marassabesy Hilang

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) melaporkan, sebuah speedboat atau perahu motor cepat rute Kota Ternate menuju Ambon berpenumpang empat orang tenggelam di perairan Pulau Mandioli, Halmahera Selatan (Halsel) pada Rabu (19/8/2020) malam, seorang korban di antaranya dilaporkan hilang.

Speed tersebut disewa satu keluarga asal Ambon yakni Ikram Marasabessy, Ibrahim Marasabessy, Ismail Marasabessy dan Asrul Marasabessy.

Mereka bertolak dari Ternate Maluku Utara menuju Ambon, Maluku pada Selasa pagi, 18 Agustus 2020. Kabar tenggelamnya speedboat diketahui melalui informasi dari salah satu warga bernama Andri.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah melalui siaran pers, Kamis, melaporkan, personelnya yang ditempatkan di Pos Unit Siaga SAR Bacan menerima info dari seorang warga bernama Andri bahwa speedboat dengan rute Ternate menuju Ambon tenggelam di perairan Pulau Mandioli, Kabupaten Halmahera Selatan.

Link Banner

Dalam pencarian itu, personelnya berhasil menyelamatkan tiga penumpang speedboat di antaranya Ikram Marassabesy (24 tahun), Ibrahim Marassabesy, Ismail Marassabesy asal Kota Ambon berhasil diselamatkan dan menjalani perawatan medis, sedangkan satu korban lainnya bernama Asrul Marassabesy dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian dengan dibantu tim Ditpolairud Polda Malut serta personel Lanal Ternate.

Baca Juga  Pastor Marthin Kuayo Pr Minta Kelanjutan Otsus Papua Perlu Dibicarakan Bersama

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah menuturkan, peristiwa ini terjadi pada Selasa dua hari lalu. Menurut Arafah, speedboat itu dikabarkan tenggelam sekira pukul 14.00 WIT di perairan Pulau Mandioli–Obilatu akibat hantaman gelombang tinggi

Keempat korban ini berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan jerigen dan terapung-apung.

Salah seorang korban bernama Ikram (24 tahun) memberanikan diri untuk berenang menuju ke daratan dan meninggalkan ketiga rekannya yang masih terapung-apung untuk mencari bantuan dan pada tanggal 19 Agustus 2020 sekitar pukul 16.00 wit berhasil diselamatkan oleh nelayan sekitar di Perairan Wayaua, Kabupaten Halsel.

Korban langsung dibawa menuju Babang, Bacan dan segera menginfokan detail kejadian kepada personil Polair Babang yang sedang bertugas.

Baca Juga  Gempa Beruntun M 4,0 dan M 2,5 Terjadi di Kairatu Malam ini

Saat itu, Kansar Kota Ternate berkoor dinasi dengan Unit Siaga SAR Bacan serta Instansi berpotensi SAR di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan dan Koordinator Unit Siaga SAR Bacan beserta personil segera menuju ke Polres Kabupaten Halmahera Selatan untuk mengumpulkan info lebih detail dikarenakan satu korban yang ditemukan selamat di bawa menuju ke Polres Kabupaten Halmahera Selatan.

Pada tanggal 20 Agustus 2020 sekitar pukul 10.00 Wit, Tim Rescue Unit Siaga SAR Bacan melakukan pencarian terhadap satu orang korban speedboat tenggelam yang belum ditemukan dengan menggunakan RIB 01 Bacan.

Adapun area pencarian terfokus di pesisir Perairan Desa Wayawua dengan Luas Area ± 157 Nm2 sekaligus memantau rompon-rompon yang berada di sekitar perairan tersebut.

Baca Juga  8 Pendaki Himalaya Ditemukan Tewas. Video Terakhirnya Bikin Sedih

Sampai berita ini kami tayang, Tim Rescue Unit Siaga SAR Bacan masih melakukan pencarian terhadap 1 orang korban speedboat menggunakan RIB 01 Bacan.

Area pencarian terfokus di pesisir perairan Desa Wayaua dengan luas area 157 Nm2 sekaligus memantau rumpon-rumpon yang berada di sekitar perairan tersebut. (red/mp/katim)