Spesifikasi Honda Giorno, Cocok buat Lawan Yamaha Grand Filano?

oleh -35 views

Porostimur.com, Jakarta – Honda sejatinya memiliki motor skutik fashionable Giorno+. Sekilas mata memandang, cocok buat lawan Yamaha Grand Filano?

Giorno+ meluncur di Thailand pada Agustus 2023, modelnya mengusung desain klasik modern khas skutik Eropa. Apalagi motor ini juga dibekali mesin 125 cc. Yamaha mengisi segmen tersebut lewat Grand Filano.

Berikut ini komparasi Honda Giorno+ dan Yamaha Grand Filano. Simak perbandingannya:

Desain

Giorno+ merupakan kakak dari skuter Giorno 50cc unik Jepang. Giorno+ tetap mengusung gaya retro, meski terlihat lebih ramping dan modern dibandingkan model standar Giorno.

Dari segi tampilan, Giorno+ tampil berbeda dari skutik-skutik klasik Honda sebelumnya seperti Scoopy. Kalau Scoopy bentuknya imut-imut, maka Giorno+ ini punya bodi bongsor seperti skutik-skutik buatan Vespa atau Lambretta. Di segmen skutik klasik buatan Jepang, New Giornio+ bersaing dengan Suzuki Saluto dan Yamaha Grand Filano.

New Honda Giorno+New Honda Giorno+ Foto: Dok. AP Honda Thailand

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected tetap mengusung konsep ala retro modern. Motor Misalnya perawakan mungil dengan aksen membulat di sejumlah bagian. Lampu utama atau headlamp-nya sementara sepasang sein berbentuk vertikal tertanam lebih ke bawah atau dekat fairing.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected. Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli juga ikut meramaikan peluncuran Grand Filano Hybrid Connected yang berlangsung di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023).Yamaha Grand Filano Foto: Agung Pambudhy

Menariknya Grand Filano Hybrid Connected mengadopsi tangki pengisian bensin berada di area dek depan seperti Yamaha Freego.

Baca Juga  Ini 9 Anggota DPRD Kota Ambon Periode 2024-2029 dari Dapil 3 Kecamatan Nusaniwe

Fitur dan akomodasi

Yamaha Grand Filano telah dilengkapi berbagai fitur kekinian, mulai dari pencahaan full LED, panel instrumen LCD dengan layar TFT, soket pengisian daya ponsel, start stop system (SSS), dan smart keyless system (SKS).

Bukan hanya itu, Grand Filano baru juga memiliki fitur konektivitas bernama Y-Connect yang bisa menghubungkan kendaraan dengan ponsel pintar atau smartphone. Lewat fitur itu, pemilik motor bisa memantau informasi secara realtime soal kondisi kendaraan, notifikasi telepon dan pesan, konsumsi bahan bakar, penunjuk arah parkir, dan masih banyak lagi.

Untuk Yamaha Grand Filano di Indonesia belum dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Unified Brake System (UBS) seperti di Thailand.

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected memiliki kapasitas tangki penyimpanan barang di bawah jok 27 liter.

Sebagai pembanding, Honda Giorno+ telah dibekali sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) di roda depan, sistem smart key, lampu-lampu full LED, port pengisian USB, serta panel instrumen full digital. Bagian bagasi di bawah jok skutik ini juga sangat besar, bisa menampung berbagai barang bawaan, bahkan sampai 30 liter.

Mesin

Honda Giorno biasa dipasarkan dengan mesin kapasitas 50 cc di Jepang. Namun di Thailand, Giorno terbaru mendapatkan upgrade mesin baru dengan kapasitas 125 cc, eSP+, 4 katup, berpendingin cairan. Belum disebut berapa muntahan tenaga dari Giorno+ ini.

Baca Juga  Pilu! Bayi Kembar Palestina Lahir-Meninggal Saat Perang di Gaza

Selanjutnya, Yamaha Grand Filano di atas kertas memiliki kapasitas 124,86 cc. Motor ini bisa memuntahkan tenaga 6,1 kW di 6.500 rpm dan torsi maksimum 10,4 Nm di 5.000 rpm.

Tetapi Grand Filano Hybrid Connected memiliki fitur Hybrid seperti di Yamaha Fazzio. Pada mesin Hybrid Blue Core 125 ini, electric power assist start yang bersumber dari daya baterai (aki) berfungsi untuk membantu tarikan awal mesin pada tiga detik pertama. Tenaga dihasilkan dari gabungan mesin dan electric power assist sehingga bisa membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus khususnya ketika membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Harga

Ada dua varian yang ditawarkan, yakni LUX dan NEO. Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected LUX dengan desain jok premium untuk karakter pengendara lebih elegan dan mewah memiliki 2 (dua) pilihan warna premium, di antaranya LUX White Pearl dan LUX Matte Blue, yang dipasarkan dengan harga Rp 27.500.000 OTR Jakarta.

Kemudian Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected NEO dengan pilihan 4 (empat) pilihan warna lebih beragam, diantaranya NEO Dull Blue, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black yang dipasarkan dengan harga Rp 26.500.000 OTR Jakarta.

Sedangkan harga, Honda Giorno+ di Thailand dihargai mulai 61.900 baht (Rp 26,8 juta) untuk varian standar dan untuk model teratas ABS harganya menyentuh 66.900 baht atau Rp 29 juta. Skuter ini ditawarkan dalam tiga warna, yakni kuning, abu-abu metalik, dan silver.

Baca Juga  Real Count KPU Senin Petang: Hillary Lasut Juara 3, Beda 31 Suara dengan Puan Maharani

Honda mau luncurkan motor baru di Indonesia, Honda Stylo dari basis Giorno?

Sebelumnya, paten motor yang diduga Honda Stylo telah muncul pada Berita Resmi Desain Industri No. 59/DI/2023 yang diterbitkan Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pada bagian desain, kendaraan tersebut mengusung gaya klasik yang identik dengan Honda Giorno di Thailand. Bahkan, pada nomor permohonan A00202304557, motor itu disebut dirancang Wongsakorn Wattanavekin dari Thailand dan Takashi Watanabe dari Jepang.

Sayangnya, belum diketahui pasti, jika benar masuk Indonesia, apakah kendaraan itu akan menggunakan mesin 125cc atau 160cc.

Perlu dicatat, bocoran informasi tersebut bukan datang dari Honda secara resmi, tapi dari informasi salah satu blog otomotif Jepang, Kojintekibikematome. Menurut dokumen yang dibocorkan, Honda disebut-sebut telah mengajukan merek dagang dengan nama Stylo dan Stylo 160.

Menariknya, di depan kata Stylo tersebut terdapat label nama AHM, yang kemudian diasosiasikan sebagai perusahaan Honda di Indonesia, Astra Honda Motor.

sumber: detikoto

No More Posts Available.

No more pages to load.