Status Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Kampung Pasar Tua Dicabut

oleh -23 views
Link Banner

Porostimur.com | Bitung: Masa tanggap darurat pasca bencana kebakaran di kompleks pemukiman Pasar Tua, Kelurahan Bitung Tengah, Kecamatan Maesa telah dicabut, Kamis (8/7/2021).

Hal ini disampaikan juru bicara (Jubir) Pemerintah Kota Bitung, Albert Sergiu dalam konferensi pers yang berlangsung di Taman Kesatuan Bangsa (TKB).

Albert mengatakan, berakhirnya masa tanggap darurat tanggal 6 Juli 2021. Dimana status bencana kebakaran telah masuk dalam fase transisi pemulihan.

Penanganan kebakaran berhasil dilakukan hanya dalam waktu 8 jam dengan melibatkan Tenaga Pendidik, Bankom Rapi, Tagana, Baguna dan semua organisasi masyarakat yang ada.

“Untuk cara penanganannya mengunakan sistem penerimaan bantuan satu pintu dengan koordinator Asisten I dan tim percepatan,” ujar Albert.

Baca Juga  Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021, Bupati Malra Bacakan Amanat Kapolri

Menurutnya, selama masa transisi pemulihan, Pemkot Bitung melakukan langkah – langkah sosialisasi, mediasi terkait proses mengalihkan para masyarakat penyintas kebakaran ke Rusunawa sebagai tempat tinggal sementara.

Albert bilang, sebagai konsekuensi langkah – langkah di atas maka seluruh kebutuhan dasar seperti beras, mie instan dan ikan akan disuplai selama tiga bulan kedepan sampai berakhirnya masa transisi pemulihan.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Bitung selalu berdoa agar pandemi cepat berlalu dan tidak bosan – bosannya mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Albert.

Adapun dicabutnya status tanggap darurat atas perintah Walikota Bitung dan Wakil Walikota Bitung yang mengeluarkan SOP penanganan bencana bersama masyarakat, LSM, dunia usaha dan pemerintah. (ardan)