Subuh Tadi, Gempa Magnitudo 3.9 Kembali Guncang Kobisonta

oleh -110 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Gempa hari ini mengguncang Kobisonta dan sekitarnya pada 04:39:27 WIT, Subuh, Ahad, 9 Februari 2020. BMKG mengumumkan gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo 3.9.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa Kobisonta hari ini berada pada titik koordinat 2.8 LS 129.87 BT.

Menurut BMKG pusat gempa berada di Laut 19 km Utara Kobisonta. Adapun kedalaman pusat gempa (hiposentrum) tersebut adalah 11 Km.

BMKG juga mengingatkan agar masyarakat di Kobisonta mewaspadai potensi gempa susulan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah, Bob Rahmat menyebut, sejumlah rumah warga di Kobisonta, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 5,6 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut, Sabtu (8/2/2020) sore kemarin.

Baca Juga  Polisi Sebut Pembunuh Briptu Heidar Adalah KKB Pimpinan Jambi Mayu

Bob Rahmat bilang, berdasarkan laporan yang diterima dari stafnya yang berada di lapangan, terdapat sejumlah rumah warga mengalami keruskaan akibat gempa tersebut. Warga juga dilaporkan telah mengungsi ke ketinggian sejak tadi malam.

“Saya baru dapat laporan dari staf di lapangan ada sejumlah rumah warga yang rusak, sebagian warga juga dilaporkan mengungsi ke ketinggian” kata Bob, saat dihubungi dari Ambon.

Bob tidak merinci berapa jumlah rumah warga yang rusak maupun jumlah warga yang mengungsi akibat gempa tersebut, sebab saat ini tim dari BPBD masih terus mendata dampak kerusakan di lapangan.

Dia juga tidak menjelaskan rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan itu parah atau hanya rusak ringan.

Baca Juga  Penampilan 11 Seleb Mualaf Saat Berhijab, Anggun Memesona

“Pokoknya dari laporan yang saya dapat ada sejumlah rumah yang rusak, dan saat ini tim masih berada di lapangan,” ujar dia. (red/rtm/kcm)