Sudah di Atas 60 Tahun, Walikota Ambon Tak Ikut Divaksinasi Covid-19

oleh -16 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Meski menghadiri acara vaksinasi Cobid-19 Tahap Pertama di Maluku, namun Walikota Ambon, Richard Louhenapessy tidak bisa melakukan vaksinasi lantaran usianya yang sudah diatas 60 tahun.

“Usia saya sudah melebihi ketentuan diatas 60 tahun, makanya tidak bisa di vaksin tunggu tahap kedua,” Louhenapessy kepada awak media di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. J. Leimena, Ambon, Jum’at (15/1/2021).

Sementara itu, sesuai jadwal vaksinasi untuk kepala daerah di Maluku dilakukan pada Jumat hari ini (15/01/2021).

Gubernur Maluku, Murad Ismail merupakan orang pertama yang dipanggil oleh tim kesehatan untuk melakukan vaksinasi.

Gubernur Maluku, Murad Ismail mendapat suntikan vaksinasi covid-19 bersama dengan forkopimda dan pejabat Maluku lainnya oleh tim kesehatan.

Baca Juga  Pemain Vitesse Heran Noah Gesser Tak Dipanggil Timnas Indonesia U-16

Terdapat 4 meja atau tahap dalam pemberian vaksinasi yaitu meja pertama untuk pendaftaran administrasi, meja kedua untuk dilakukan skrining untuk mengetahui riwayat penyakit dan tekanan darah dari para penerima vaksin, meja ketiga penyuntikan vaksin dan meja keempat untuk pemantauan dan observasi.

Di meja kedua, Gubernur harus istirahat sejenak sebelum ke meja tiga dikarenakan tekanan darahnya tinggi melampaui tekanan darah normal sesuai aturan yaitu harus 140/90.

“Maaf tekanan darah bapak tinggi dan tidak bisa diberikan vaksin,” sebut salah petugas medis yang memeriksa Gubernur.

Murad, akhirnya disuruh istirahat selama beberapa menit. Kemudian di cek kembali darahnya normal dan akhirnya vaksin dapat dilakukan.

Setelah divaksin, Gubernur diarahkan untuk istirahat selama 30 menit untuk memantau perkembangan kondisi tubuhnya pasca penyuntikan vaksin.

Baca Juga  Dusun Uhe Simpan Potensi Wisata Air Terjun 50 Meter

Para pejabat dan tokoh Maluku yang juga mendapatkan vaksinasi pada hari ini adalah, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, Kapolda Maluku yang di wakili Karo Ops Polda Maluku, Kombes Pol Antonius Wantri, Sekda Maluku, Kasrul Selang, Komandan Lantamal IX Ambon, Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, Komandan Lanud Pattimura, Kolonel Pnb Sapuan, Direktur RSUP dr. J. Leimena, dr. Celestinus Eigya Munthe, SpKJ, M.Kes, Sekretaris MUI Kota Ambon, Abdul Manan Latuconsina, Sekretaris Umum Sinode GPM, Pdt Elifas Maspaitella, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Richard Rahakbauw. (alena)