Sukses Kembangakan Budaya. Besok Bupati Halbar Tampil Bersama Dirjen di “COFFEE BREAK” tvOne

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Dinilai sukses memajukan Budaya di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Bupati Danny Missy diundang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menjadi pembicara pada program talk show di stasiun tvOne, Senin, 20 Juli 2020 (pagi).

Pada talk show bertema “Potensi Rempah Indonesia Timur, Dan Ketersambungan Budaya Dengan Wilayah Lain” itu, hadir sebagai pembicara yakni, Hilmar Farid, Ph.D (Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud), Danny Missy (Bupati Kab. Halbar), dan Mita Alwi (Penggiat Buadaya Banda).

Bupati Danny sendiri merupakan salah satu kepala daerah di Maluku Utara yang paling cepat memasukan dokumen hak kekayaan intelektual Halbar yang diserahkan kepada Dirjen Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Ham untuk mendapatkan hak paten.

Kekayaan hak intelektual yang disampaikan itu diantaranya, hak kekayaan intelektual komunal, hak cipta dan paten, hak kekayaan indikasi geografis dan bidang kebudayaan, pariwisata.

Baca Juga  Jokowi ‘Bloody Hands’ Kembali Muncul di Media Australia, PDIP Tidak Terima

Hak kekayaan intelektual Halbar, terdiri dari 10 objek kebudayaan dan di dalmnya terdapat 283 sub objek kebudayaan yang nantinya jadi hak milik kekayaan Halbar.

283 sub objek kebudayaan itu di dalamnya ada tarian tradisional, kuliner Halbar, tujuh suku asli, serta rempah rempah dan rumah adat.

“Atas prestasi itu, pak bupati diundang oleh Kemendikbud untuk menjadi pembicara pada acara program talkshow yang disiarkan di TV One besok pukul 09.30 WIB,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Halbar Chuzaemah Djauhar, kepada wartawan, Ahad (19/7/2020).

Emma panggilan akrab Chuzaemah menambahkan, dalam program talk show yang dibuat oleh Kemendikbud itu, Bupati Danny Missy akan menjadi pembicara bersama Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid, Ph.D dan Mita Alwi penggiat Budaya Banda.

Baca Juga  Termasuk Merlisa-Juhdi Taslim, Ini Jagoan PDIP di 45 Daerah Pilkada 2020

Tema yang akan dibahas pada program talkshow besok adalah Potensi Rempah Indonesia Timur Dan Ketersambungan Budaya Dengan Wilayah Lain.

“Prinsipnya pak bupati, dianggap berhasil dalam memajukan kebudayaan dan potensi rempah, sehingga diundang Kemendikbud untuk menjadi pembicara,” pungkasnya. (ash)