Sultan Hidayatullah Syah Lepas Ratusan JCH Asal Kota Ternate di Kedaton

oleh -54 views

Porostimur.com, Ternate – Ratusan jemaah calon haji (JCH) Kota Ternate musim haji 1445 H / 2023 M yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 13 dan 15 asal Kota Ternate, dilepas oleh Yang Mulia Sultan Ternate Hidayatullah Syah dengan prosesi adat, di ruangan Forislamo Kedaton Kesultanan Ternate, Selasa (14/5/2024). 

Yang Mulia Sultan Ternate, sebelum melepas jemaah calon haji menyampaikan pesan bahwa, ibadah haji bukan hanya sekadar ritual, melainkan panggilan untuk membersihkan diri secara spiritual. Oleh karena itu, penting kiranya bagi para jemaah haji untuk mengubah perilaku sehari-hari saat kembali dari tanah suci.

Sultan Ternate juga menyarankan kepada para jemaah calon haji untuk tidak memaksakan diri dalam hal-hal yang tidak wajib dalam ibadah haji.

Baca Juga  Gunung Ibu "Kukehe" Lagi, Warga Diimbau Pakai Masker saat Keluar Rumah

Sultan Hidayar Sjah mengingatkan bahwa semua ibadah harus dilakukan semata-mata untuk Allah SWT semata, tanpa mengharapkan pujian atau penghargaan dari manusia. Hal ini menunjukkan kesederhanaan dalam ibadah dan keikhlasan dalam mencari keridhaan-Nya.

“Yakin saja bahwa setiap langkah dalam perjalanan ibadah haji kita akan dipandu dengan cermat oleh kebijaksanaan dan kasih sayang Allah SWT,” terang Sultan Ternate.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara H. Ridwan Kharie yang ikut menghadiri kegiatan pelepasan jemaah haji tersebut, berharap agar semua jemaah calon haji memperbaiki dan meluruskan niat sebelum berangkat untuk menunaikan ibadah haji.

No More Posts Available.

No more pages to load.