Survei Citra Research and Consulting Dapil Ambon 1 untuk DPRD Kota Ambon Moenandar diprediksi merebut kursi ke 4 DPRD Kota Ambon

oleh -210 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon : Daerah Pemilihan Ambon 1 untuk Calon Legislatif DPRD Kota Ambon boleh dikata menjadi salah satu Dapil yang cukup ketat antara caleg.

Dapil Ambon 1 menjadi tantangan khususnya bagi caleg petahana. “Petahana di dapil ini perlu sangat mewaspadai pendatang baru,” ujar Direktur Citra Research and Consulting Rudi Muzakki saat ditemui pada Kamis (4/4).

“Saya pikir ini akan mengganggu wilayah garapan caleg petahana. Tapi dari sisi elektabilitas dan penguasaan medan, caleg  petahana masih lebih unggul,” ujar Rudi.

Dia berpendapat, persaingan sangat berat di dapil ini karena terbatasnya kursi yang tersedia. Meski demikian, kata Rudi, ada beberapa peluang bagi caleg pendatang. Karena ada 2 petahana yang telah diPAW dan Meninggal Dunia.
Rudi menilai persaingan terberat ada di internal caleg PDI Perjuangan.

Rudi menyarankan agar caleg yang berstatus petahana agar mengamankan basis karena mereka punya tabungan suara jelas. Selain itu, mereka perlu meluaskan wilayah garapan dan juga memanfaatkan kelebihan mereka sebagai anggota DPRD. Misalnya dengan mengefektifkan reses.

Baca Juga  Atletico Nyaman di Puncak, Simeone dan Suarez Bersuara

Caleg Pendatang Baru Mengancam
Peta persaingan kursi untuk DPRD Kota Ambon lewat Dapil Ambon 1 (Sirimau 1 & Leitimur Selatan). 16 parpol bakal adu jagoan memperebutkan 8 kursi yang tersedia. Namun, posisi incumbent terancam dengan kehadiran figur “Kuda Hitam”. Figur ini perlu diperhitungkan, karena tampil dengan hasil mengejutkan.

Figur “Kuda Hitam” berada pada sosok Politisi Muda Patrick Moenandar,SE Caleg Partai Perindo. Teranyar, elektabilitas Moenandar makin meroket jelang Pileg 17 April 2019. Dan, dari hasil kinerja 400 responden yang turun langsung ke masyarakat terkuak temuan survei pada pileg DPRD Kota Ambon Dapil Ambon 1. Dari survei yang didapat. Elektabilitas Moenandar di Partai Perindo menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Baca Juga  Antisipasi Kekurangan Baju Hazmat, Pemkot Kota Ambon Berdayakan Penjahit Lokal

Survei Elektabilitas

Survei Popularitas

Hasil survei yang dilakukan, elektabilitas Moenandar terus meningkat tajam. Dalam survei pada bulan maret 2019 terhadap 400 responden di dapil Ambon 1,  Citra Research and Consulting meminta respondennya untuk memilih salah satu partai dan caleg yang tertera di surat suara simulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Simulasi ini berupa persentase suara partai dan Persentase suara caleg itu kemudian menjadi dasar penghitungan kursi yang didapatkan setiap partai di Dapil Ambon 1. Hasilnya Moenandar merebut kursi ke 4 dari Partai Perindo. Moenandar menjadi satu-satunya Politisi Muda yang diprediksi merebut kursi pada pemilihan legislatif 2019 daerah pemilihan Ambon 1. Dapil ini mencakup kec. Sirimau 1 & leitimur selatan.

Baca Juga  KPK dan Mabes Polri ikut Pantau Skandal BNI Ambon?

Hasil survei terbaru Citra Research and Consulting yang dirilis pada Kamis (4/4) menunjukkan bahwa PDIP bakal merajai perolehan suara di dapil Ambon 1 pada Pemilu 2019.

Hasilnya :