Swab Massal, 51 ASN Pemkot Ambon Positif Terpapar Covid-19

oleh -27 views
Link Banner

Porostimur com | Ambon: Sebanyak 51 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Ambon terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan swab secara massal dalam sebulan terakhir.

Hal itu disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Pemkot Ambon, Joy Adriaansz, Senin (24/8/2020).

Joy menjelaskan, hingga kini total sampel swab yang sudah diambil oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon tercatat sebanyak 386 sampel. 

“Jumlah ASN yang sudah menjalani swab itu berjumlah 386 ASN. Dari 386 itu yang hasil sudah keluar 215, yang belum keluar 171, dan ASN yang terkonfirmasi positif itu 51 orang,” kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy kepada wartawan di Kantor Wali Kota Ambon, Senin (24/8/2020) sore.

Link Banner

Ditambahkan, 51 pegawai yang dinyatakan positif saat ini sudah mengikuti isolasi secara terpusat pada lokasi yang disiapkan Pemerintah Kota Ambon, maupun isolasi mandiri bagi mereka yang rumahnya memenuhi persyaratan berdasarkan kriteria penilaian gugus tugas.

Baca Juga  Pembangunan Pabrik Feronikel Antam Sudah 98 Persen di Semester I 2020

Terkait keterbatasan lokasi isolasi terpusat, Jubir mengaku, pihak Pemkot saat ini tengah melakukan pembicaraan dengan pihak LPMP agar bisa digunakan sebagai lokasi isolasi terpusat.

Menyikapi kemungkinan-kemungkinan lain yang muncul, Pemkot juga telah mengambil langkah berupa pemusatan tracing dan tracking baik terhadap masyarakat yang melakukan pelayanan maupun kepada pegawai lain yang juga melakukan pelayanan publik.

“Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah penularan yang dilakukan oleh pegawai itu sendiri,” ucapnya.

Dikatakan, pelaksanaan Swab tes terhadap pegawai Pemkot yang dilakukan sejak tanggal 3 Agustus 2020 hingga kini, masih akan terus berlanjut.

“Dalam sehari dua, Swab Tes ASN Pemkot akan dilanjutkan dengan pemeriksaan yang dilakukan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” aku Jubir.

Baca Juga  Hujan Deras Sebabkan Jembatan Ambruk di Negeri Lima

Setelah 51 ASN dinyatakan terkonfirmasi covid-19. Senin pagi semua lokasi pelayanan publik di Balai Kota Ambon disemprot cairan disinfektan. (red/rtm/kbn)