Sweeping Masker, Tim Gustu Covid-19 Kabupaten Buru Temukan Sejumlah Pelanggaran

oleh -46 views
Link Banner

Porostimur.com | Namlea: Kegiatan rutin sweeping masker oleh Tim Gabungan TNI, Polri, Dinas Perhubungan hingga Satpol PP Kabupaten Buru terus diberlakukan sampai sekarang. Hal ini menjaga ketertiban penerapan protokol kesehatan bagi warga Pulau Buru dalam menghadapi covid-19.

Sekertaris Satpol PP Kabupaten Buru, Arifin menjelaskan, operasi yustisi digelar setiap hari pada pusat kerumunan hingga ruas ruas jalan guna memastikan kepatuhan warga terhadap aturan yang diterapkan.

“Operasi yustisi ini masih terus kami dan tim lakukan. Targetnya warga yang tidak patuh protokol. Kita lakukan operasi bukan hanya di jalur laulintas, operasi juga di fokuskan ke sejumlah titik keramaian seperti pasar dan tempat nongkrong anak muda,” ujar Arifin.

Baca Juga  Ketua Pansus Bantah Penolakan LKPJ Gubernur Maluku

Sanksi yang diberikan menurutnya berfariasi, salah satunya adalah dengan membersihkan sampah di sekitar lokasi operasi.

“Untuk efek jera, kita terapkan hukuman sosial seperti membersihkan sampah di sepanjang jalan. Kita juga tetap melakukan pendataan agar dapat dimonitor siapa-siapa yang ketahuan melakukan pelanggaran berulang maka kita akan menindak tegas yang bersangkutan, tentunya bukan sanksi yang sama tapi sedikit beda,” tambah Arifin.

Selain operasi yustisi. Tim Gustu Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru juga rutin melakukan tes terhadap para pasien terkonfirmasi positif.

Hasilnya, kasus terkonfirmasi covid-19 Kabupaten Buru menurun. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim.

“Sampai sekarang kasusnya perlahan menurun, yang tersisa sekarang tinggal 12 kasus dari total beberapa waktu lalu di atas 70 kasus. Seluruh program kerja, kami terapkan secara baik. Targetnya, kasus di Kabupaten Buru bisa segera berangsur membai. Sekarang yang masih terus dilakukan adalah melakukan tes bagi para terkonfirmasi. Kslau tes di kalangan luar tetap akan kita tracking apabila ada kasus baru, ” kata Nani.

Baca Juga  Dirjen Perhubungan Udara Laksanakan Inspeksi Penerbangan Udara Di Basarnas Ternate

Sedangkan untuk pemeriksaan pintu masuk keluar seperti di pelabuhan tim gustu tidak lagi menerapkan tes suhu badan terhadap para penumang. Tim gustu hanya melakukan pengecekan terhadap dokumen kelengkapan perjalan terstandar Covid-19 yang harus dipenuhi oleh para pelaku perjalanan. (ima)