Tahun Depan Kemenag Tambah 3.000 Penghulu

oleh -77 views

Porostimur.com Jakarta – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin mengungkapkan, Kemenag pada 2024 menargetkan untuk menambah tenaga fungsional penghulu sebanyak 3.000 orang.

Tambahan sekitar 3.000 penghulu tersebut diharapkan dapat mengatasi masalah kekurangan tenaga penghulu yang saat ini dihadapi Indonesia. Secara nasional, Indonesia membutuhkan 16.263 tenaga fungsional penghulu, tetapi yang tersedia baru sekitar 9.054 penghulu.

“Tahun ini alhamdulillah ada 900-an lewat jalur PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja). Mudah-mudahan tahun depan bisa 2.000-3.000,” ungkap Kamaruddin Amin saat ditemui di kantornya, Jumat (8/9/2023).

Kamaruddin menambahkan, target ini sebetulnya sangat bergantung pada keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) terkait formasi tenaga fungsional penghulu agar dapat terpenuhi.

Baca Juga  KPU Kota Tidore Sampaikan Progres Pembentukan Pantarlih di Kecamatan Oba

“Kalau kita sih maunya lebih cepat lebih bagus. Kalau bisa kekurangan itu (tenaga fungsional penghulu) bisa terpenuhi paling lambat dua tahun ke depan, apalagi ada yang akan pensiun juga. Kita juga memahami, kondisi aparatur sipil negara (ASN) harus dibagi secara proporsional,” kata Kamaruddin.