Tak Ada Kemeriahan di Kota Tua Yerusalem Menjelang Ramadan

oleh -19 views
Kota tua Yerusalem tidak menunjukkan tanda-tanda khas perayaan menjelang Ramadan, Sabtu, 9 Maret 2024 (AP/Leo Correa)

Porostimur.com, Yerusalem – Menjelang bulan suci Ramadan, kota tua Yerusalem tidak menunjukkan tanda-tanda khas perayaan seperti biasanya. AP pada Sabtu (9/3/2024) melaporkan, banyak toko suvenir yang ditutup rapat. Jalan-jalan sempit menuju Masjid Al-Aqsa juga sangat sepi dengan minim cahaya.

Persiapan Ramadan di Yerusalem, jantung spiritual konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama puluhan tahun, terhambat oleh perang antara Israel dan Hamas di Gaza yang kini memasuki bulan keenam. Lebih dari 30.000 warga Palestina telah tewas di Gaza, dan ratusan ribu lainnya menderita kelaparan, sehingga tinggal tersisa sedikit ruang untuk mengungkapkan kegembiraan.  

“Ramadan kali ini akan menjadi masa yang suram,” ujar Abu Mousam Haddad di depan kedainya yang berlokasi dekat gerbang Damaskus.

Baca Juga  Spanyol Umumkan Skuad untuk Euro 2024, Asensio Absen

Namun, beberapa hari ke depan, perhatian kemungkinan akan bergeser dari Gaza ke Al-Aqsa, yang sering kali menjadi titik pemicu kekerasan antara Israel dan Palestina.

Hamas, yang menggambarkan serangan mereka pada 7 Oktober di wilayah Israel selatan sebagai perjuangan untuk hak-hak muslim di Al-Aqsa, saat ini berusaha untuk melancarkan serangan serupa dengan harapan bisa menarik pasukan Israel dan meningkatkan pengaruh mereka dalam perundingan gencatan senjata di Gaza.

No More Posts Available.

No more pages to load.