Tak Kunjung Ditemukan, Operasi SAR Terhadap Wisatawan Amerika Ditutup

oleh -58 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Operasi SAR untuk mencari warga Amerika Serikat, Carol Marie Lakien alias Laila (56) di perairan Teluk Ambon ditutup, Kamis (13/8/2020) pukul 18.05 WIT.

Laila hilang saat menyelam di perairan Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Jumat (7/8/2020) lalu.

Kepala Kantor SAR Ambon, Djunaidi Kepala Kantor SAR Ambon, Djunaidi mengaku pencarian ditutup Kamis (13/8/2020) pukul 18.05 WIT.

“Sesuai ketentuan operasi SAR akan ditutup setelah 7 hari pelaksanaan operasi tidak menemukan tanda-tanda adanya korban,” ungkap Djunaidi kepada wartawan di Hotel Tirta Kencana, Amahusu, Ambon, Kamis (13/8/2020).

Link Banner

Ia mengatakan, di hari ketujuh pencarian tim SAR Gabungan telah mengoptimalkan pencarian melalui penyelaman maupun penyisiran di atas permukaan laut namun tak menemukan korban.

Baca Juga  Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Sabet Gelar Juara Dunia Kedua

Sementara itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku para personel Tim SAR Gabungan telah bekerja maksimal selama sepekan.

“Namun selama seminggu kita belum berhasil menemukan korban. Penyelaman sudah dilakukan pada kedalaman yang sangat dalam namun tak juga menemukan korban. Sampai hari ini upaya kita belum berhasil, sehingga sesuai prosedur maka upaya penyelematan akan dihentikan atau ditutup tetapi tidak tertutup kemungkinan ada upaya-upaya lain pencarian,” ungkapnya.

Kejadian ini, katanya, menjadi pengalaman bagi Pemkot Ambon untuk menata wisata bawah air.

Di tempat yang sama, rekan korban Kevin Scott Pool (57) menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Tim SAR Gabungan maupun masyarakat yang sudah membantu mencari korban,

Baca Juga  Casis SIPSS Panda Polda Maluku Kembali Mengikuti Seleksi Administrasi

“Semua bekerja keras melakukan pencarian namun memang Laila tak ditemukan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Laila bersama rekannya Kevin Scott Pool, yang sama-sama berkewarganegaraan Amerika Serikat sejak awal Maret 2020 telah berada di perairan Teluk Ambon dengan menggunakan kapal layar bernama Aquabago.

Dikabarkan, Jumat (7/8/2020) pagi sekitar pukul 09.30 WIT, Kevin lebih dulu menyelam dan disusul Laila. Namun menyusulnya Laila tanpa sepengatahuan Kevin.

Saat Kevin usai menyelam ternyata tidak menemukan Laila di atas kapal tersebut beserta perlengkapan penyelamatan yang biasa Dia gunakan.

Tak menemukan Laila diatas kapal, Kevin pun menghubungi rekan-rekannya di Negeri Amahusu untuk mengabarkan hal tersebut. (keket)