Tak Mampu Perbaiki Jalan Piru-Luhu, Melkisedek Desak Gubernur Maluku Alihkan Status

oleh -111 views

Porostimur.com, Piru – Ketua Fraksi PDI-Perjuangan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Melkisedek Tuhahe mendesak Gubernur Maluku Murad Ismail segera mengalihkan status jalan Piru-Luhu dari jala

Desakan tersebut disampaikan menyusul akses jalan lintas tersebut yang tak kunjung dikerjakan, walaupun nyatanya mengancam keselamatan pengendara motor maupun mobil.

“Jalan ini kan tergantung statusnya, ada jalan nasional, provinsi atau kabupaten. Jika jalan lingkar Piru-Luhu ini tidak mampu dicover pemerintah provinsi dengan dalih tidak tersedianya anggaran saya pikir itu hal yang salah,” ucap Tuhahe, Kamis (27/7/2023).

Menurut Tuhahe. Sesuai arahan Presiden Jokowi untuk akses vital masyarakat dalam menunjang perekenomian menuju Indonesia sentris harus diutamakan apalagi beliau lebih banyak memusatkan pembangunan infrastruktur di Indonesia Timur seperti yang ada di Papua.

Baca Juga  Bendungan Waeapo Jebol, AMMAK Minta Tanggung Jawab Pemenang Tender

Kalau hari ini, sebutnya Pemprov Maluku tidak dapat memperbaiki dengan jalan aspal yang layak bagi masyarakat kecamatan huamual seharusnya dinaikan statusnya menjadi jalan nasional, agar akses tranportasi berjalan lancar demi menunjang perekonomian yang ada di sana.

Tuhahe bilang. jika APBD Promal dengan nominal Rp2 triliun lebih telah digunakan untuk pembelanjaan serta pembangunan infrastruktur di 11 kabupaten/kota mungkin terlalu kecil sehingga tidak semuanya kebagian kue pembangunan.