Taliban Mengancam, KBRI Kabul Imbau WNI Tinggalkan Afghanistan

oleh -85 views
Link Banner

Porostimur.com | Kabul: Situasi di Afghanistan kian mencekam setelah Taliban menguasai sebagain besar wilayah usai pasukan Amerika Serikat ditarik. Oleh karena itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Afghanistan mengimbau agar Warga Negara Indonesia waspada dan bila perlu tinggalkan Afghanistan.

Pengumuman tersebut disampaikan Kedutan di akun media sosial Instagram dan Facebook pada Jumat (9/7/2021).

“Menyikapi situasi keamanan yang saat ini kurang kondusif di Afghanistan, KBRI Kabul menghimbau kepada seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini masih berada di Afghanistan untuk segera meninggalkan negara akreditasi,” tulis KBRI.

“Adapun terkait adanya ancaman yang dapat terjadi setiap waktu, kami menghimbau kepada WNI untuk menyiapkan evacuation bag (tas evakuasi) yang terdiri dari dokumen berharga, pakaian dan obat-obatan pribadi serta sejumlah uang tunai,” lanjut pengumuman tersebut.

Kondisi terkini di Kabul dilaporkan kurang kondusif setelah militer Amerika Serikat (AS) bersiap untuk meninggalkan negara itu.

Baca Juga  Tenang Liverpool, Kesulitan Ini Hanya Sementara

Beberapa media asing melaporkan situasi yang `terancam` karena Taliban merebut sejumlah besar wilayah, yang mungkin menempatkan Kabul dalam bahaya.

Terkini, BBC melaporkan Taliban terus melebarkan kekuasaannya di Afghanistan dan berhasil merebut dua kota perbatasan yang penting, Qala -yang dekat dengan Iran- dan Torghundi -yang berbatasan dengan Turkmenistan.

(red/ljc)