Tanah Hotel Anggrek, penyidik Tipiter targetkan staf BPN Maluku

oleh -47 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Hingga saat ini, penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satreskrim Polres P. Ambon dan Pp. Lease, sedang berupaya menuntaskan berkas perkara mantan Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya, Jacob Wenan Christian Huwae, tersangka dalam kasus pemalsuan dokumen lahan Hotel Eks Anggrek.

Namun untuk menuntaskan perampungan berkas perkara tersangka ini, penyidik Tipiter Satreskrim Polres P. Ambon dan Pp. Lease masih harus melakukan pemeriksaan kepada beberapa saksi.

Alhasil, tersangka Huwae pun saat ini dititipkan penyidik Tipiter Satreskrim Polres P. Ambon dan Pp. Lease ke Rutan Kelas II Ambon.

Hal ini dibenarkan Kasat Reskrim Polres P. Ambon dan Pp. Lease, AKP Teddi,SH,SIK, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Kamis (22/3).

Link Banner

Agenda pemeriksaan saksi yang sudah dijadwalkan, jelasnya, yakni mantan staf Seksi Penerbitan Hak-Hak Tanah tahun 2010 pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Maluku, Enggelina Pesulima.

Baca Juga  Habib Rifqi Alhamid Bilang Begini Saat Bertemu Kapolda Maluku

”Saksi Enggelina Pesulima, dari BPN Maluku yang hari ini diperiksa oleh Penyidik Tipiter Satreskrim Polres P,Ambon dan Pp Lease,adalah terkait dengan beberapa dokumen Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) tahun 2010 yang saat itu dikeluarkan oleh saksi  Enggelina Pesulima, selaku salah satu staf Kepala Seksi Penerbitan Hak-Hak Tanah BPN Provinsi Maluku yang saat itu dijabat oleh Julius Yuseba, untuk diberikan kepada tersangka Jacob Wenan Christian Huwae,” ujarnya.

Meski demikian tegasnya, pihaknya masih belum bisa memastikan adanya penetapan tersangka baru, sesuai hasil pemeriksaan saksi nanti.

”Kasus ini kan masih dalam pengembangan penyelidikan oleh penyidik Tipiter Satreskrim Polres P. Ambon dan Pp. Lease, yang di dalamnya masih dilakukan pemeriksaan beberapa saksi. Sehingga untuk penetapan tersangka baru dalam kasus ini tergantung dari hasil pemeriksaan saksi oleh penyidik,” pungkasnya. (keket)