Tangani konflik sosial, Korem 151/Binaiya gelar latihan posko I

oleh -181 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Menyasar peningkatan kemampuan komandan dan staf melakukan prosedur penanganan masalah konflik sosial dala wilayahnya, Korem 151/Binaiya menggelar Latihan Posko I.

Kegiatan yang dibuka resmi oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Tri Soewandono ini dipusatkan di Baileo Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya, Rabu (22/11).

Sedangkan tema yang diusung dalam kegiatan dimaksud yakni ”Korem 151/Binaiya melaksanakan Tugas Bantuan kepada Polri di wilayahnya dalam rangka membantu mengatasi terjadinya Konflik Sosial di Wilayah”.

(Foto : Korem 151/Binaya)

Rilis berita yang diterima wartawan dari Penerangan Korem (Penrem) 151/Binaiya, menyebutkan latihan ini turut dihadiri Danrem 151/Binaiya sebagai pelaku latihan, para Asisten Kasdam XVI/Pattimura, Danrindam XVI/Pattimura selaku Wadanlat, para Kabalak XVI/Pattimura, Kasrem 151/Binaiya sebagai pelaku dan seluruh peserta latihan posko I Binaiya, baik Perwira, Bintara dan Tamtama Korem 151/Binaiya.

Link Banner

Sementara, Soewandono menekankan pentingnya peningkatan kualitas penanganan konflik sosial yang harus disesuaikan dengan prosedur penanganan yang ada.

Baca Juga  14 Ruko di Hitu Ludes Ditelan Api

 

Sasaran kuantitas ditargetkan sebanyak 51 personil (foto: Korem 151/Binaya)

”Sebagaimana yang telah direncanakan dalam program latihan, sasaran kuantitatif kegiatan latihan ini berjumlah 51 orang personel Korem 151/Binaiya. Sedangkan sasaran kualitatifnya  agar Komandan dan Staf mampu melaksanakan Kodal (Komando dan Pengendalian),” ujarnya.

Menurutnya, Komandan dan Staf Korem pada suatu kegiatan proses perencanaan dan persiapan operasi, melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam mekanisme suatu Posko, meningkatkan penerapan taktik dan teknik dalam pelaksanaan operasi penanganan konflik sosial.

Selain itu, tegasnya, tujuan kegiatan dimaksud antara lain meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam hal koordinasi, kerjasama terpadu pada proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan suatu operasi bersama Kepolisian Republik Indonesia dalam operasi penanganan konflik sosial.

Baca Juga  Gempa M 6,9 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Maupun meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam pemberdayaan semua kemampuan satuan secara terintergrasi, meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam Olah Yudha.

”Juga meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam melaksanakan fungsi komando dan staf, meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam merencanakan dukungan administrasi terhadap pelaksanaan operasi penanganan konflik sosial, meningkatkan kemahiran Komandan dan Staf Korem dalam hal tulisan militer,” tegasnya.

Dijelaskannya, latihan posko I Korem 151/Binaiya ini, direncanakan digelar selang 3 hari dengan metode gladi.

Melalui momentum latihan posko ini, terangnya, diharapkan adanya peningkatan pemahaman dan wawasan serta dapat mengaplikasikannya di lapangan dalam tugas.

Karena itu, tambahnya, seluruh peserta benar-benar dapat memahami tugas dan perannya sebagai Komandan maupun Perwira Staf, baik secara kualitas maupun kuantitas, sehingga sasaran akhir Latihan Posko I ini dapat tercapai dengan baik.

Baca Juga  5 Kejanggalan Hilangnya Kapal Kargo MV Nur Allya yang Jadi Misteri

”Diharapkan dapat menjadi bekal yang berharga bagi para Komandan dan Staf dalam melaksanakan fungsi dan tanggung jawab jabatannya, sehingga nantinya satuan ini dapat melaksanakan tugas dengan berhasil dan berdaya guna,” pungkasnya.(Amy Latuny)