Tarif Angkutan di Kota Ambon Bakal Naik 30-35 Persen, Berlaku Besok

oleh -68 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, resmi menaikkan tarif angkutan kota (Angkot) yang mulai berlaku besok bertepatan dengan perayaan HUT ke-446 Kota Ambon 7 September 202.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette mengatakan, kenaikan tarif berkisar pada angka 30-35 persen dari tarif yang berlaku saat ini.

“Siap, besok diumumkan resmi (tarif angkot naik-red). Sudah ada kesepatakan antara Pemkot dengan DPRD dan pengusaha Angkot serta pengemudi,” katanya.

Sapulette bilang, keputusan naiknya tarif angkot itu, berdasarkan rapat bersama DPRD. Bahwa untuk jurusan angkot atau trayek di dataran bukan pegunungan, maksimum naik 30 persen. Sementara jurusan daerah pegunungan, naik 35 persen.

“Memang mereka acuannya itu kepada SK Menhub nomor 52 tahun 2006. Jadi yah sudah. Kita sudah sepakati seperti itu, lalu mungkin sebentar malam atau besok kita umumkan. Tarifnya tergantung trayek dan jarak. Acuan kenaikan 30-35 persen itu pada tarif yang lama, 2014,” jelasnya kepada wartawan di DPRD Kota Ambon usai rapat, Senin (6/9/2021).

Baca Juga  Tunjuk SP duta medsos Ambon, Louhenapessy tuai kritikan netizen

Sapulete mencontohkan, trayek tujuan Ema, didaerah pegunungan yang sebelumnya Rp 5600, nanti akan naik sekitar Rp 7.500. Untuk trayek dalam kota atau bukan pegunungan seperti LIN I, II dan III, yang awalnya Rp 2.800, akan naik diangka Rp 3.500.

Mengenai sosialisasi, kata Robby, sudah dilakukan Dishub mengenai rencana kenaikan tarif Angkot sejak akhir Agustus lalu, meski memang belum mencapai kata sepakat naiknya berapa.

“Masyarakat sudah tahu tarif Angkot akan naik per 7 September. Jadi cuma tarif Angkot saja yang naik mulai besok. Soal perampingan trayek dan pembatasan usia kendaraan nanti setelahnya, bertahap,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, sesuai permintaan pengemudi atas pengalaman, agar dipertimbangkan tarif angkot naik. Karena trayek di daerah pegunungan, masalahkan pemakaian sparepart lebih banyak dan mahal, demikian pula oli rem.

Baca Juga  Pemkot Ambon Resmi Naikkan Tarif Angkutan Umum

“Jadi besok cuma tarif Angkot yang kita umumkan naik, penyederhanaan angkot dan pembatasan usia tidak. Karena memang tidak pengaruh. Saya minta maaf dari masyarakat semua, tapi memang kebutuhan tarif angkot harus kita naikkan,” tutupnya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.