Tauhid-Jasri Resmi Berpasangan di Pilwakot Ternate, Nursiah Ketua Tim TULUS?

oleh -52 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Dinamika politik di Kota Ternate terus bergerak dinamis menjelang pendaftaran pasangan calon dalam Pilkada serentak 2020.

Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya memutuskan berkoalisi dalam Pemilihan Wali Kota Ternate. Dua partai ini mengusung pasangan M. Tauhid Soleman dan Jasri Usman (TULUS).

Tauhid gagal berpasangan dengan Nursiah Abdul Haris yang selama beberapa bulan belakangan gencar dikampanyekan melalui berbagai media dan alat peraga.

Berdasarkan informasi yang diperoleh porostimur.com, konon Nursiah didapuk sebagai Ketua Tim Pemenangan TULUS.

Link Banner

Sedangkan Jasri yang berpasangan dengan Ikbal Djabid justru ‘ditinggalkan’ Partai Persatuan Pembangunan dan kini Ia memboyong partainya PKB untuk bergabung dengan Partai NasDem dan sekaligus menjadi wakil Tauhid.

Bakal calon walikota M. Tauhid Soleman kepada  membenarkan koalisi tersebut. Dia bilang, ia dan Jasri telah mengantongi dukungan Nasdem dan PKB. Dalam waktu dekat, form B1.KWK kedua partai akan diserahkan.

Baca Juga  Jumlah ODP Covid-19 di Maluku Utara Jadi 374 Kasus

“Dalam waktu dekat bakal dikeluarkan B1.KWK oleh NasDem, karena pemberian secara bersamaan dengan kabupaten/kota lainnya,” ungkapnya, Kamis (27/8).

Tauhid mengklaim, B1.KWK PKB sudah di tangannya.

“B1.KWK untuk PKB sudah dikantongi, dan dalam waktu dekat tinggal menunggu B1.KWK dari NasDem,” jelasnya.

Menurutnya, setelah mengantongi dua rekomendasi partai politik tersebut, ia siap mengundurkan diri dari status ASN-nya.

“Saya siap mundur dari ASN karena itu merupakan konsekuensi aturan yang harus diikuti. Bakal segera ajukan surat pengunduran diri,” ujarnya.

Jasri Usman saat dihubungi menbenarkan, kalau Nasdem dan PKB berkoalisi di Pilwako Ternate maka keduanya dipastikan melenggang ke tahapan pendaftaran

“PKB 4 kursi, Nasdem 3 kursi, jumlah 7 sudah cukup. Syarat 20 persen, jadi plus 1 kursi,” tuturnya.

Baca Juga  Jaga Kebugaran Cegah Covid-19, Anggota Lanud Pattimura Senam Khas Ambon

Jasri bilang, rekomendasi Nasdem sendiri akan diberikan secara kolektif kepada pasangan calon. Sementara, PKB akan diberikan pada Kamis malam ini.

Keputusan DPP PKB dalam mengusung pasangan calon Walikota dan Wakilwali Kota Ternate M. Tauhid Soleman dan Jasri Usman, tertuang dalam surat keputusan DPP PKB nomor 3789/DPP/01/VIII/2020 yang ditanda tangani langsung Ketua Umum A. Muhaimin Iskandar dan Sekjen M. Hasanuddin Wahid, tertanggal 27 Agustua 2020.

Surat keputusan tersebut diserahkan langsung oleh anggota Badan Pemenang Pemilu (Bappilu) DPP PKB Ahmad Iman kepada Bakal Calon Walikota Ternate M. Tauhid Soleman di dampingi bakal Calon Wakil Walikota Jasri Usman di kantor DPP PKB, Kamis malam (27/8/2020).

“Tadi penyerahan B.1-KWK Parpol dari PKB yang diserahkan langsung ke saya,” ujar M. Tauhid Soleman ketika dihubungi wartawan melalui telepon usai menerima B.1-KWK di kantor DPP PKB.

Baca Juga  Shabu Shabu House Bantu Korban Gempa di Desa Waai

Tauhid mengatakan, dengan adanya B.1-KWK Parpol dari PKB, maka syarat untuk maju di Pilkada Kota Ternate telah memenuhi syarat seat kursi, karena PKB memiliki 4 kursi dan NasDem 3 kursi sehingga total 7 kursi.

Sementarta syarat dukungan maju sebagai calon walikota dan wakil walikota Ternate harus mendapatkan dukungan partai politik sebanyak 6 kursi di parlemen Kalumata Puncak.

Sementara untuk rekomendasi Partai Nasdem lanjut Tauhid Soleman B.1-KWK Partai NasDem akan diserahkan secara kolektif di Kota Ternate pada awal pekan nanti.

“Untuk dukungan Partai sudah selesai. Selanjutnya melengkapi persyaratan lain untuk mendaftar di KPU,” jelasnya. 

Ketua Partai Nasdem Malut Achmad Hatari membenarkan koalisi kedua partai mengusung Tauhid-Jasri. “Iya benar,” katanya. (red/rtm/tsc)