Tebar Benih Jurnalis Lingkungan, JMSI Maluku dan Perhimpunan Kanal Ambon Gelar Pelatihan

oleh -40 views

Porostimur.com, Ambon – Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Maluku dan Kelompok Pecinta Alam Perhimpunan Kreativitas Anak-anak Alam (Kanal) Ambon, menggelar Pelatihan Jurnalistik Lingkungan, Sabtu 13 Januari 2024, besok di ruang Vlessingen Lantai 2 Kantor Wali Kota Ambon.

Ketua Pengda JMSI Maluku Ongki Anakoda, mengatakan, pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan untuk secara efektif melaporkan isu-isu yang berkaitan dengan topik lingkungan hidup.

Pelatihan Jurnalis Lingkungan ini diikuti oleh para jurnalis, kelompok pnecinta alam, aktivis lingkungan, hingga individu yang peduli terhadap lingkungan yang semakin memprihatinkan dan dibuka secara resmi oleh Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena.

Materi selanjutnya adalah “Pengantar Jurnalisme Lingkungan” yang disampaikan oleh M. Jaya Barens aktivis The Society of Indonesian  Environmental Journalists (SIEJ). Materi ini mendalami sejarah jurnalisme lingkungan dan peran pentingnya dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan. Peserta semakin memahami bahwa menjadi jurnalis lingkungan bukan sekedar pekerjaan, melainkan panggilan untuk menjadi pengurus bumi.

Etika dalam Jurnalisme Lingkungan menjadi materi selanjutnya yang disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Porostimur.com Dino Umahuk. Materi ini menjelskan prinsip etika jurnalistik, penanganan konflik kepentingan, perlindungan narasumber dan menjaga kerahasiaan narasumber.

“Menjadi jurnalis berarti memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyampaikan informasi yang akurat dan berdampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Peserta juga diajak untuk belajar tentang ‘Metode Penelitian dan Pengumpulan Informasi’ terkait isu lingkungan. Materi ini disampaikan oleh M Jaya Barens mendorong peserta untuk terus belajar dan berinovasi dengan mencari berbagai sumber informasi.

Jaya, panggilan akrabnya, berbagi pengalaman dalam dalam merancang liputan, proses penyajian fakta dan data secara akurat terutama dalam liputan investigasi.

Baca Juga  Firasat Orang Tua Septian Sebelum Helikopter Jatuh di Hutan Halmahera

Peserta pelatihan juga belajar bagaimana ‘Menulis Berita Lingkungan yang Efektif’. Jurnalis senior Rudi Fofid, berbagi pengalaman tentang struktur artikel berita, penggunaan kutipan yang menarik, dan data statistik yang menjadi kunci untuk menyampaikan informasi secara baik.

Selanjutnya penggunaan media visual dalam jurnalisme lingkungan menjadi salah satu materi pelatihan yang kembali disampaikan oleh Jaya Barens. Peserta mempelajari teknik foto dan film jurnalistik lingkungan, serta bagaimana foto dan video dapat memperkaya kampanye lingkungan. Para peserta tampak bersemangat untuk mencoba keterampilan baru ini.

Rudi Fofid  kembali memberikan materi terkait keterampilan media visual dipadukan dengan materi ‘Jurnalisme Lingkungan di Era Media.

Peserta dapat memahami bagaimana media sosial dapat menjadi alat yang ampuh untuk menyebarkan informasi lingkungan secara luas. Kampanye kreatif yang eye-catching dan konten jurnalistik yang disajikan dengan gaya menjadi fokus diskusi.

Baca Juga  Ini Kesalahan Suami Kepada Istri yang Tidak Bisa Dimaafkan dalam Islam

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Kanal Ambon Fahry Tarmun mengatakan, masyarakat membutuhkan informasi bermutu tentang penyebab dan dampak masalah-masalah ekologi ini untuk memperkokoh ketangguhan mereka dalam menghadapi krisis lingkungan.

“Liputan tentang lingkungan yang faktual dan diproduksi dengan baik dapat membangun kesadaran. Selain itu, menyuarakan masyarakat yang terdampak langsung masalah-masalah lingkungan ini dapat mendorong terbukanya dialog dan membantu merumuskan solusi,” tukasnya.

Fahri berharap, para peserta yang mengikuti pelatihan jurnalis lingkungan ini, nantinya dapat berperan aktif menyuarakan isu lingkungan, menginspirasi masyarakat untuk bertindak dengan kepedulian dan lebih bertanggung jawab terhadap alam. (Mizar Safari Maasily)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.