Tehuteru hadiri Cuci Negeri Soya

oleh -141 views
Link Banner

Tehuteru hadiri Cuci Negeri Soya

@PorosTimur.com | Ambon : Agenda tahunan masyarakat Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, yakni menggelar acara adat Cuci Negeri.

Acara ini selalu digelar setiap awal bulan Desember tahun berjalan selama 5 hari berturut-turut, dengan puncak acara pada Jumat (8/12) kemarin.

Cuci Negeri sendiri memiliki arti membersihkan diri dan tempat tinggal atau negeri.

Link Banner

Dimana pada acara puncak, mayoritas warga negeri menggunakan pakaian berwarna serba hitam berkalungkan syal berwarna merah.

Acara adat Cuci Negeri ini, merupakan budaya turun-temurun dari leluhur mereka yang sampai saat ini terus dipelihara dan dilestarikan.

Acara adat cuci negeri oleh Kementerian Kebudayaan diakui sebagai warisan budaya non benda.

Selain lembaga pemerintahan, acara ini juga dihadiri oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya, Kolonel (Inf) Christian Kurnianto Tehuteru.

Baca Juga  Jelang Pilkada, KPU Halbar Lantik Anggota PPS

Rilis berita ytang diterima wartawan dari Penerangan Korem (Penrem) 151/Binaiya, Minggu (10/12), menyebutkan pada awal acara banyak doa dipanjatkan oleh para tetua adat maupun tokoh agama.

Dimana, para hadirin dan masyarakat adat didoakan agar diberi kesehatan dan keselamatan serta dijauhkan dari berbagai macam penyakit.

Doa tersebut dibawakan dengan menggunakan bahasa daerah Negeri Soya.

Disebutkan, bukan hanya Tehuteru bersama istri, namun Komandan Distrik Militer (Dandim) 1504/Ambon, Letkol (Inf) Roynald Sumendap bersama Istri, Danramil Sirimau, Kapolres Sirimau, serta perwakilan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. (Team)