Tempat Ibadah Dibuka, Gustu Covid-19 Kota Ambon Tekankan Pentingnya Protokol Kesehatan

oleh -24 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Seiring dengan PSBB Transisi Kesepuluh yang mulai diberlakukan sejak kemarin, Senin (23/11), Pemerintah Kota Ambon juga mulai membuka tempat-tempat ibadah untuk para jemaat.

Hal ini disampaikan Kordinator Fasilitas Umum Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Ambon, RichardLuhukay kepada wartawan di Ambon, Selasa (24/11/2020).

Luhukay bilang, langkah pembukaan tempat-tempat ibadah ini sebagai tindak lanjut apa yang telah dikatakan oleh Walikota Ambon tentang dibukanya tempat-tempat ibadah.

Menurut Luhukay, meskipun sudah mulai dibuka, namun ada batasanya yaitu 20% dari batas normal dari daya tampung didn’t setiap tempat ibadah.

“Protokol kesehatan harus tetap dijalankan, tanpa mengurangi hak masyarakat untuk beribadah,” ujarnya.

Luhukay menjelaskan, dalam beberapa waktu terakhir, sudah ada beberapa tempat ibadah yang dibuka untuk menjalankan ibadah baik gereja maupun masjid dengan pemberlakuan protokol kesehatan.

Baca Juga  Asyik cuci mobil, warga Tengah-tengah ditusuk 2 OTK

Dia mencontohkan, di kalangan Gereja Protestan Maluku (GPM) juga telah dibentuk tim khusus covid oleh pemimpin agama maupun pemuka agama, sehingga diharapkan agar tim ini mampu untuk mengontrol dan melihat, bahwa semua yang menyangkut protokol kesehatan telah dilaksanakan, yaitu dengan cara mencuci tangan, mengecek suhu badan, memakai masker dan juga menjaga jarak dalam prosesi ibadah.

“Hal yang harus sangat diperhatikan di dalam suatu perjumpaan dalam ranges ibadah adalah, diperlukan perhatian penuh terhadap anak-anak dan para lansia. Karena kita tahu bahwa pada usia-usia seperti ini sangat rentan untuk terpapar virus Covid 19. (marce)