Teolog ini Menghubungkan Ibadah Haji dalam Islam dengan Millah Ibrahim

oleh -8 views

Bagi umat Islam , saat ini adalah bulan haji, ibadah haji universal. Ibadah haji yang artinya niat yang teguh adalah ziarah ke Rumah Allah di Makkah .

“Rumah yang kita sebut Kakbah ini dibangun kembali oleh Ibrahim yang dianggap sebagai bapak pendiri tiga agama penting: yaitu Islam, Yudaisme, dan Kristen,” tulis Syaikh M A Kholwadia dalam artikel berjudul “Hajj proves religion can inspire peace” yang dilansir Al Jazeera pada 14 Juni 2024.

Syaikh M A Kholwadia adalah pendiri dan direktur Darul Qasim College, sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam yang berbasis di Chicago, Illinois. Beliau seorang teolog, pemimpin komunitas Muslim, dan guru yang terkenal secara internasional. Ia juga secara luas dianggap sebagai otoritas di bidang filsafat Islam.

Baca Juga  Pj. Gubernur Maluku Serahkan Vaksin Polio Secara Simbolis Kepada 11 Kepada Daerah

Menurutnya, penganut ketiga agama ini semuanya mengklaim bahwa mereka adalah perwakilan dari Iman Ibrahim. Baru-baru ini, ada minat baru untuk menyatukan anggota Iman Abraham.

Menurut Syaikh M A Kholwadia, ini merupakan inisiatif yang mulia dan memang merupakan seruan dalam Al-Quran:

Katakanlah, [Wahai Nabi,] “Wahai Ahli Kitab! Yahudi dan Kristen. Marilah kita mengambil kesimpulan yang lazim di antara kita: bahwa kita tidak akan menyembah selain Allah, tidak menyekutukan Dia dengan apa pun, dan tidak menjadikan satu sama lain sebagai Tuhan selain Allah…” (QS Ali Imran (3) : 64)

No More Posts Available.

No more pages to load.