Terima Suap, Iwan Basilu Dipecat dari Panwas Ternate Tengah

oleh -52 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Bawaslu Kota Ternate secara resmi memberhentikan Iwan Basilu dari jabatannya selaku Kordiv Hukum dan Penindakan Komisioner Panwas Kecamatan Ternate Tengah karena terbukti menerima suap dari bakal pasangan calon dari jalur perseorangan di Pilwakot Ternate, Senin (14/9/2020).

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan mengatakan bahwa berdasarkan prosedur etik, yang bersangkutan terbukti menerima suap dari calon independen. Pemecatan Basilu menurutnya telah sesuai putusan pleno Bawaslu Kota Ternate.

“Bawaslu memutuskan sesuai dengan fakta pada saat yang bersangkutan diperiksa, dengan dukungan saksi-saksi dan bukti,” ujarnya.

Kifli bilang, Bawaslu tidak serta merta mengambil keputusan, namun sudah sesuai dengan Peraturan Etik, Peraturan Bawaslu dan Edaran Bawaslu.

Link Banner

“Dari Bawasu Kota Ternate sudah kumpulkan bukti-bukti dan fakta. Kemudian yang bersangkutan juga telah memberikan keterangan. Selanjutnya Bawaslu Kota Ternate melakukan analisa Hlhukum berdasarkan perundang-undangan. Pada prinsipnya yang bersangkutan terbukti menerima suap,” bebernya.

Baca Juga  Danrem 151/Binaiya, Apresiasi Kunjungan Silatuhrami Danlantamal IX Ambon di Makorem

Kifli menambahkan, berdasarkan bukti-bukti, yang bersangkutan menerima suap berkisar pada tahapan pendaftaran calon Walikota Ternate dari jalur perseorangan.

Selain memberhentikan Iwan Basilu, Bawaslu Kota Ternate juga telah menunjuk Komisioner penganti.

“Sudah ada penggantinya yaitu Ibu Serli jenis kelamin perempuan”, pungkasnya. (al)