Terkait Tudingan HCW, Kadis Perindag Malut: 23 Kegiatan Sudah Sesuai Prosedur

oleh -76 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Halmahera Corupption Watch (HCW) Provinsi Maluku Utara (Malut) beberapa hari yang lalu menuding adanya penyimpangan yang terjaji pada 23 item kegiatan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Utara.

Menyikapi pemberitaan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Utara, Yudhitya Wahab mengatakan bahwa tudingan tersebut tidak mendasar dan terkesan mengada-ngada, karena sejumlah kegiatan tahun anggaran 2020 yang berasal dari 23 item kegiatan atau program tersebut sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur.

“Sejumlah kegitan ini sudah dipertanggung jawabkan bahkan hasil audit dari Inspertorat dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Provinsi Maluku Utara juga sudah keluar, dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pun tidak ada masalah”, ungkapnya kepada wartawan di Ternate, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga  BNPB: Pascagempa Maluku, Lebih 6.000 Rumah Rusak

Menurutnya, dalam kegiatan atau program tersebut, ada sedikit terjadi miskoordinasi dengan kepala bidang, karena padaa saat itu terjadi refocusing anggaran pada semua Organisai Perangkat Daerah (OPD).

“Terjadi refocusing anggaran, sehingga ada beberapa item kegiatan tersebut terkena imbas pemangkasan oleh Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) akibat Covid-19, dan sisanya semua telah dilaksanakan oleh masing-masing bidang, dan kegiatannya berjalan lancar sesuai prosedur. Jadi tidak ada masalah. Kalau pun ada masalah, maka kita akan benahi dan selesaikan di internal, tanpa harus mengumbar keluar karena soal etika birokasi”, jelasnya. (alena)