Termakan Hoaks, Ribuan Masyarakat Yahukimo Gelar Demo

oleh -49 views
Link Banner

Porostimur.com | Papua: Ribuan warga Kabupaten Yahukimo, Papua, menggelar demonstrasi di Distrik Dekai, Senin (16/9/2019).

Dilansir dari kompas.com, Bupati Yahukimo Abock Busup menyebut, aksi demo terkait isu rasisme tersebut terjadi karena massa termakan kabar tidak benar (hoaks).

“Itu karena isu dari Jayapura bahwa hari ini satu Papua semua demo, aktivitas lumpuh tapi damai,” ujarnya di Jayapura.

Meski melumpuhkan seluruh aktivitas masyarakat, sambung Abock, namun demo berlangsung dengan tertib dengan pengawalan aparat keamanan.

Setelah aspirasi diterima oleh pejabat Pemerintah Kabupaten Yahukimo, massa pun dengan suka rela membubarkan diri secara tertib.

“Mereka sampaikan masalah rasisme dan kenapa mahasiswa Papua pulang, tapi kita sudah bilang sebenarnya demo tidak boleh karena sudah disampaikan, yang sekarang ini duduk untuk mencarikan solusi,” katanya.

Baca Juga  Training Of Trainers Yonif 731/Kabaresi Resmi Ditutup

Demo di Dekai, terangnya, berlangsung mulai pukul 09.00 sampai 13.30 WIT dan ia meminta masyarakat Yahukimo untuk tidak lagi mudah mempercayai informasi yang sumbernya tidak jelas.

“Ke depan tidak boleh lagi informasi-informasi dari Jayapura ini untuk di daerah-daerah demo,” kata Abock. (rtl/red/kcm)