The Last Dance Menteri Jokowi, Menari untuk Memikat Hati Prabowo Subianto

oleh -31 views
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Beritasatu.com/Mita Amalia Hapsari)

Porostimur.com, Jakarta – Gerak-gerik beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang berada di akhir pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti layaknya “The Last Dance“. Aksi tersebut dinilai sebagai upaya memikat hati presiden selanjutnya, yakni Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Indonesia, Arifki Chaniago. Dia melihat gerak-gerik para menteri kabinet Presiden Jokowi untuk mengambil panggung politik pada masa transisi menuju pemerintahan Prabowo Subianto.

“Saya rasa ada momentum juga untuk mengambil panggung politik bagi sebagian kalangan menteri,” ucap Arifki, melansir Beritasatu.com, Rabu (19/6/2024).

Arifki menjelaskan, panggung politik merupakan upaya menteri untuk dapat diperhitungkan masuk dalam pemerintahan selanjutnya, Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih periode 2024-2029. Meski begitu, dia menilai, hal tersebut dapat memengaruhi soliditas kabinet dan loyalitas menteri saat ini terhadap Jokowi.

Baca Juga  Pj. Gubernur dan Kajati Maluku Teken MoU Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara

“Secara enggak langsung para menteri tentu harus siap dengan konsekuensi politiknya apakah dia akan loyal dengan Pak Jokowi atau memang setengah loyal dia mempersiapkan narasi politik. Seberapa baik dia dihitung dengan kepentingan politik yang dimiliki oleh Pak Prabowo. Saya rasa ini penyesuaian dari para menteri Jokowi yang berharap masih dihitung dalam pemerintahan Prabowo nantinya,” tutur Arifki.