Tidak Terurus, Kapal Bantuan Kemendes PDTT Karam di Pelabuhan Falabisahaya

oleh -131 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Akibat tidak terurus, kapal angkutan, KM. Lifmatola, bantuan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), untuk Kabupaten Kepulauan Sula, karam di Pelabuhan Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula.

Kapal bantuan Kemendes PDTT tersebut, dihibahkan kepada Pemda Kabupaten Kepulauan Sula, dan ditempatkan di Kecamatan Mangoli Utara, agar dapat bermanfaat untuk mengurangi kesenjangan wilayah di daerah terpencil dan pulau terluar, serta melancarkan proses pertukaran barang dan jasa antar wilayah.

Namun sayangny, KM. Lifmatola tidak terurus. Sudah beberapa tahun ini, kapal itu tidak pernah dioperasikan bahkan kapal tersebut dibiarkan terlantar di Dermaga Falabisahaya hingga karam pada, Senin (5/7/2021).

Burhanudin, salah satu warga Desa Falabisahaya yang ditemui di kawasan pelabuhan mengatakan bahwa karamnya kapal KM. Lifmatola tersebut, dikarenakan bagian dalam kapal dipenuhi air akibat seharian diguyur hujan.

“Banyak air yang masuk ke bagian dek kapal, sehingga mengakibatkan kapal pun serentak langsung tenggelam”, ucap La Judin, warga setempat.

Baca Juga  YKB Maluku dan BRI Akan Salurkan 800 Paket Sembako untuk Anak Yatim

Dia bilang, selama ini, kapal itu tidak pernah dioperasikan dan malah dibiarkan begitu saja tanpa adanya pemeliharaan.

“Kapal itu, tenggelam dikarenakan kurangnya fungsi pengawasan dan perhatian dari dinas terkait terhadap kapal tersebut”, ungkapnya.

​Menurut informasi warga sekitar, KM. Lifmatola, tenggelam pada pagi hari sekitar pukul 10:00 WIT.

“Salah satu petugas perhubungan yg membidangi datang ke Dermaga untuk mengecek, karna ada laporan dari masyarakat bahwa kapal tersebut sudah terendam air dan nyaris tenggelam. Namun, tidak ada tindakan untuk mengeluarkan air yang ada di dek kapal, sehingga kapalpun tenggelam”, tuturnya.

Sementara hingga berita ini tayang, pihak terkait belum juga dapat di konfirmasi. (ifo)

No More Posts Available.

No more pages to load.