Tiga Catatan Rakernas PGIW-SAG di Ambon

oleh -57 views

Oleh: Rudy Rahabeat, Pendeta Gereja Protestan Maluku

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah/Sinode Am Gereja-gereja (PGIW-SAG) digelar di kota Ambon, 10-13 Agustus 2023. Iven nasional yang dihadiri para pemimpin gereja se-Indonesia ini selain membicarakan konsolidasi internal organisasi namun juga menggumuli isu-isu eksternal sebagai bagian dari warga bangsa dan negara serta warga dunia. Berikut tiga catatan singkat memaknai momen oikumenis dan kebangsaan tersebut.

Pertama, oikumene in action. Sejak berdiri 20 Mei 1950, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) bertujuan mewujudkan gereja yang esa di Indonesia. Keesaan dimaksud tentu merupakan sebuah proses yang tidak pernah selesai. Dalam proses mengesa itu ada berbagai dinamika, capaian, ketegangan bahkan konflik di antara gereja. Namun hal itu jangan sampai menghempas panggilan gereja yang utama yakni memperkuat koinonia (persekutuan) gereja-gereja,  selain diakonia dan marturia serta oikodomia.

Baca Juga  Bawaslu Tidore Kepulauan Gelar Bimtek Pengawasan Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih

Panggilan tersebut merupakan amanat agung yang mesti dilakukan secara konsisten dan total. Implementasi panggilan tersebut tidak sebatas kata-kata sistematis sebagaimana antara lain nampak pada Dokumen Keesaan Gereja (DKG) PGI melainkan mesti diwujudkan dalam tindakan (action) sehari-hari hidup menggereja pada aras lokal, nasional maupun global.

No More Posts Available.

No more pages to load.