Tim Hukum TULUS Minta Penyelenggara Pilwakot Ternate Serius

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Tim Hukum pasangan calon walikota dan wakil walikota Ternate, nomor urut 2, M. Tauhid Soleman dan Jasri Usman (TULUS) menilai penyelenggara kurang maksimal dalam menyelanggarakan tahapan pilkada.

Ketua Tim Hukum TULUS, Fahruddin Maloko kepada wartawan di Ternate, Ahad (22/11/2020) mengatakan, pihaknya telah melakukan telaah terkait tata laksana pelaksanaan Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara, yang mana proses pelaksanaan tata laksana Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara harus berpedoman pada Peraturan Pelaksanaan teknis yang dikeluarkan oleh Penyelenggara dalam hal ini KPU RI. Namun hingga saat ini peraturan pelaksanaan teknis pemungutan dan Penghitungan Suara pada 9 Desember 2020 nanti belum dikeluarkan oleh KPU RI, dimana dari hasil pemantauan informasi media pengaturan tersebut masih dalam upaya harmonisasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga  Gas Masela Tanpa Pembeli, Shell Memilih Pergi?

“Namun setidaknya harapan kami dari Tim Hukum TULUS ada upaya-upaya sosialisasi yang memadai dari penyelenggara terutama dari KPU dan Bawaslu pada setiap Tingkatan terkait proses tata pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, terutama teknis-teknis formil pengisian Form-form kepada petugas KPPS,” ujarnya.

Fahruddin Maloko bilang, pengetahuan ini penting agar pelaksaan pemungutan dan penghitungan suara tidak cacat formil, semisalnya pada pengisian form C7-KWK merupakan Daftar Hadir Pemilih di TPS.

Link Banner

“Form-form ini adalah alat untuk mengontrol pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS agar menghindari tindakan-tindakan yang tidak dibenarkan,” tukasnya.

Ketua Bahu NasDem Maluku Harapan ini berharap agar KPU dan Bawaslu Kota Ternate dapat sebaik mungkin melaksanakan penguatan kepada petugas KPPS terutama teknis tata pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS nantinya, serta terus memperhatikan Protokol kesehatan di massa PandemiPandemik ini.

Baca Juga  Pasangan Cabup Seram Bagian Timur Perbaiki Permohonan Sengketa Pilkada

“Tinggal menghitung hari, Pemilihan kepala Daerah pada tanggal 9 Desember 2020 akan segera dilakukan, tentunya harapan kami dari pasangan dengan Akronim TULUS, sangat berharap pelaksanaan pemungutan dan penghitungan Suara nantinya berjalan dengan lancar serta Demokrasi, terutama mengutamakan keamanan, keharmonisan dan keakraban serta memperhatikan Protokol kesehatan pada masa Pandemi ini,” pungkasnya. (red/al)