Tim Hukum ZADI-IMAM dan HT-Umar Temukan Puluhan Pelanggaran

oleh -342 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Tim Hukum paslon calon bupati dan wakil bupati Kepulauan Sula nomor urut 1 Hendrata Thes – Hi Umar Umabaihi(HT-UMAR) serta Tim Hukum Paslon nomor urut 2 Zulfahri Abdullah Duwila – Ismail Umasugi (ZADI-IMAM) melaporkan temuan puluhan pelanggaran yang terjadi di Pilkada Kepulauan Sula ke Bawaslu setempat.

Tim Hukum pasangan nomor urut 1, (HT-UMAR) Amirudin Yakseb dan Tim Hukum (ZADI-IMAM) Kuswandi Buamona telah menemukan pelanggran kecurangan yang semakin masif dan sudah Diinventarisir.

Menurut keduanya, ada sekitar 50 pelanggaran yang ditemukan berdasarkan laporan masyarakat.

Menurut Kuswandi, temuan terbaru pelanggaran yang ditemukan adalah, penggunaan suara sisa sehingga partisapasi pemilih mencapai 100 persen.

“Hal ini tentu menyalahi peraturan, karena memanfaatkannya untuk menambah suara paslon tertentu,” ujar Kuswandi, Senin (14/12/2020) di Sanana.

Baca Juga  Hadiri Acara Business Day, Kakanwil Kemenag Malut Apresiasi MAN 1 Ternate

Kuswandi sangat menyayangkan sikap Bawaslu Kepulauan Sula yang belum mengetahui pelanggaran tersebut.

”Terus suara-suara sisa itu digunakan semua, berarti partisipasi 100 persen ini yang menjadi tanda tanya sehingga menguntungka paslon tertentu. Masih banyak juga yang perlu kita laporkan satu di antaranya Forum C7 yang tidak pernah di berikan saat saksi meminta agar diperlihatkan,” jelasnya.

Kuswandi menambahkan, terkait Pilkada di Kabupaten Kepulauan Sula, asasnya sama harus jujur dan adil.

“Nah kejujuran itu adalah sesuata yang diatur dalam konstitusi sekecil apapun penyelenggara itu. Melakukan ketidak jujuran dan ketidak adilan, maka harus diperbaiki. Sekecil apapun, meskipun tidak akan berpengaruh pada hasil suara,” pungkasnya. (red)

Baca Juga  Irwasda Buka Evaluasi LHKPN Polda Maluku