Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 98 Penumpang KM Eno Karang yang Terbakar di Perairan Aru

oleh -83 views

Porostimur.com, Ambon – Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 98 orang penumpang KM Eno Karang yang terbakar dalam pelayaran di perairan Pulau Tabarfane, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Kepala Kantor SAR Ambon Mustari dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (1/10/2022) di Ambon mengatakan, kapal naas itu, bertolak dari Dobo menuju Desa Jelia, Kabupaten Kepulauan Aru dan mengalami kebakaran pada Jumat (30/9/2022), sekira pukul 12.00 WIT

“Comm Centre Basarnas Ambon menerima informasi kejadian dari Koorpos Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, Jumat (30/9/2022) pukul 13.40 WIT. Selanjutnya pada pukul 14.00 WIT satu Tim Rescue Unit Siaga SAR Kepulauan Aru beserta Unsur Potensi SAR dikerahkan menuju lokasi kejadian,” ujar Mustari.

Menurutnya, setelah satu jam perjalanan, sekitar pukul 15.00 WIT, Tim SAR Gabungan berhasil tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan proses evakuasi terhadap seluruh penumpang.

“98 orang penumpang KM Eno Karang berhasil dievakuasi dengan selamat ke atas KMP Karwera. selanjutnya, pukul 16.40 WIT KMP Karwera melanjutkan perjalanan dengan membawa seluruh korban menuju Desa Jelia Kecamatan Aru Selatan,” ungkapnya.

Mustari menjelaskan, sekitar pukul 17.00 WIT, KM Eno Karang yang sudah tidak bisa melanjutkan perjalanan berhasil ditarik kembali menuju Palabuhan Dobo menggunakan KN Tarangan milik Dinas Perhubungan Kepulauan Aru.

“Sesuai keterangan salah satu ABK, dalam perjalanan setibanya di perairan Tabarfane, terjadi arus pendek pada kabel blower mesin induk kapal yang mengakibatkan kebakaran didalam ruang mesin. Beruntung sebelum menyebar luas, api berhasil dipadamkan oleh beberapa ABK. Insiden tersebut sempat membuat seluruh penumpang panik dan berteriak karena melihat banyaknya asap hitam dari ruang mesin,” pungkasnya. (Keket)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.