Timnas Belanda Tergabung di Grup Mudah pada Piala Dunia 2022, Ini Komentar Louis van Gaal

oleh -467 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Belanda akan bersorak gembira kebagian tim paling lemah dari Pot 1 dalam drawing Piala Dunia 2022 yang dilangsungkan Jumat jelang tengah malam (1/4), dengan bayang-bayang Piala Dunia 2010 akan terulang.

Oranje satu grup dengan tuan rumah Qatar pada Grup A Piala Dunia 2022 yang akan membuat Louis Van Gaal optimis pihaknya bisa lolos dengan mudah. Qatar merupakan tim terlemah di Pot 1.

Hampir selalu tuan rumah Piala Dunia lolos ke babak sistem gugur, tetapi hal ini tidak terjadi pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan ketika tuan rumah Bafana Bafana tersingkir di babak penyisihan grup.

Belanda tampil sebagai juara Grup G kualifikasi zona Eropa, menang tujuh kali, imbang dua dan kalah satu kali, mencatatkan selisih gol +25 sebagai hasil dari memasukkan 33 gol dan kemasukan delapan. Itu merupakan salah satu produktifitas gol terbaik di kualifikasi UEFA setelah Inggris (39 gol) dan Jerman (36).

Hasil Drawing Piala Dunia 2022

Meski berada di group yang ringan, pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, mengaku kebingungan meski timnya tergabung di grup mudah pada Piala Dunia 2022. Hal yang membuat Louis van Gaal bingung karena Timnas Belanda tergabung bersama lawan yang sebelumnya jarang atau bahkan belum pernah mereka hadapi.

Baca Juga  Optimalkan Wisata Bahari Tidore, KKP Teliti Arkeologi Maritim

Der Oranje -julukan Belanda- tergabung dalam Grup A Piala Dunia 2022. Mereka satu grup dengan tuan rumah Qatar dan dua wakil dari Afrika dan Amerika Selatan, yakni Senegal dan Ekuador.

Hasil undian tersebut, sebenarnya bisa dibilang cukup bagus untuk Belanda. Sebab, di atas kertas kualitas yang dimiliki ketiga lawan berada di bawah mereka.

Kendati demikian, Van Gaal bingung harus bersyukur atau tidak dengan hasil undian tersebut. Sebab, eks pelatih Manchester United itu belum mengetahui peta kekuatan dari lawan-lawan yang bakal dihadapi anak buahnya di Piala Dunia nanti.

“Saya tidak tahu apakah ini undian yang bagus. Saya tidak tahu banyak tentang negara-negara ini,” kata Van Gaal dilansir dari Mirror, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga  12 Negara ini Sudah Lolos Piala Dunia 2022, Belanda Aman

“Saya hanya pernah berlibur di Senegal dua tahun lalu. Saya belum pernah ke Ekuador dan saya belum pernah melihat Qatar bermain,” imbuhnya.

Meski begitu, yang jelas dua bintang Liverpool, Virgil Van Dijk dan Sadio Mane bakal saling berhadapan pada laga pertama Grup A Piala Dunia 2022. Pasalnya, Belanda akan menghadapi Senegal lebih dulu setelah Qatar dan Ekuador bertemu pada partai pembuka.

Untuk diketahui, sepanjang sejarah Oranje belum pernah meraih trofi meski sudah tiga kali menjadi finalis pada turnamen 1974, 1978 dan 2010. Yang terakhir itu mereka kalah dari Spanyol di partai puncak Piala Dunia di Afrika Selatan.

Pada final 11 Juli 2010 tersebut, Oranje bermain imbang 0-0 selama 90 menit sehingga memaksa dilangsungkannya extra time, saat mana Andres Iniesta mencetak gol selang empat menit sebelum akhir dari masa extra time tersebut.

Pelatih Belanda saat ini Louis Van Gaal sukses membawa skuadnya ke posisi ketiga Piala Dunia 2014 di Brasil, setelah dikalahkan Argentina melalui adu penalti pada semifinal.

Baca Juga  Anies, Ganjar, dan Layangan Putus

Untuk perebutan posisi ketiga, Oranje beruntung berhadapan dengan tuan rumah Brasil yang belum kunjung move on dari kekalahan 7-1 di tangan Jerman. Mereka kemudian menang dengan tiga gol melalui Robin Van Persie, Daley Blind dan Giorginio Wijnaldum.

Sayangnya, Belanda secara mengejutkan gagal lolos ke putaran final di Rusia pada 2018, kalah tiga kali dari 10 pertandingan.

Namun, melihat ketiga lawan di babak penyisihan Group A Piala Dunia Qatar 2022, nampaknya Memphis Depay dan kolega bakal dengan mudah lolos ke fase gugur. Ditambah lagi, Van Gaal juga punya pengalaman membawa Belanda menduduki peringkat tiga pada Piala Dunia 2014.

Menarik menanti kiprah Belanda di Piala Dunia 2022. Sebab, di edisi terakhir Piala Dunia (2018), Timnas Belanda gagal ambil bagian.

(red/gilabola/okezone)

No More Posts Available.

No more pages to load.